"Belajar IPS Lewat Internet"

Penyimpangan Sosial


Apa sih yang dimaksud dengan Penyimpangan Sosial ?. Menurut "Wikipedia Indonesia" tertera sebagai berikut :


Perilaku menyimpang yang juga biasa dikenal dengan nama penyimpangan sosial adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan atau kepatutan, baik dalam sudut pandang kemanusiaan (agama) secara individu maupun pembenarannya sebagai bagian daripada makhluk sosial.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia perilaku menyimpang diartikan sebagai tingkah laku, perbuatan, atau tanggapan seseorang terhadap lingkungan yang bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang ada di dalam masyarakat.

Dalam kehidupan masyarakat, semua tindakan manusia dibatasi oleh aturan (norma) untuk berbuat dan berperilaku sesuai dengan sesuatu yang dianggap baik oleh masyarakat.(wikipedia indonesia)


Semua orang tentu menginginkan suatu kondisi kehidupan yang harmonis, selaras, dan sesuai dengan tatanan sosial yang berlaku. Akan tetapi, di kehidupan masyarakat yang majemuk seperti sekarang ini, hal tersebut sangatlah sulit dijumpai.

Perilaku penyimpangan sosial selalu ada, meskipun dalam bentuk sangat kecil atau ringan.

Sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat orang yang tidak tertib dalam berlalu lintas, pelajar yang suka menyontek dll.


A.    Perilaku Penyimpangan Sosial


B.    Berbagai Penyakit Sosial dalam Masyarakat


C.    Dampak Perilaku Penyimpangan Sosial


D.    Upaya Pencegahan Penyimpangan Sosial dalam Keluarga dan Masyarakat





Materi IPS SMP Kelas 8
Sumber: Buku IPS SMP Kelas 8 - wikipedia indonesia

ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas