"Belajar IPS Lewat Internet"

Ki Hadjar Dewantara

Biodata Ki Hadjar Dewantara
Nama
Ki Hadjar Dewantara (sejak 1922)
Nama Kecil
RM Suwardi Suryoningrat
Tmpt/Tgl Lahir
Yogyakarta, Kamis Legi, tanggal 2 Mei 1889
Meninggal
Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun, dimakamkan di Taman Wijaya Brata Yogjakarta.
Nama Ayah
Kanjeng Pangeran Ariya (KPA) Suryaningrat.
(Pangeran Suryaningrat adalah putra sulung dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam III, raja agung Paku Alaman di Yogyakarta)
Nama Ibu
Raden Ayu Sandiah
Pendidikan
§  Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda)
§  STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera) tidak tamat
§  Europeesche Akte, Belanda
§  Doctor Honoris Causa dari Universitas Gajah Mada pada tahun 1957
Karier
§  Wartawan Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer dan Poesara. Tulisan-tulisannya komunikatif dan tajam penuh semangat antikolonial
§  Pendiri Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa (Perguruan Nasional Tamansiswa) pada 3 Juli 1922
§  Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan yang pertama.
Organisasi
§  Boedi Oetomo 1908
§  Pendiri Indische Partij (partai politik pertama yang beraliran nasionalisme Indonesia) 25 Desember 1912
Penghargaan
§  Bapak Pendidikan Nasional, hari kelahirannya 2 Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional
§  Pahlawan Pergerakan Nasional (surat keputusan Presiden RI No.305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959)
§  Semboyan ciptaannya, tut wuri handayani, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia.
§  Diabadikan pada nama  kapal perang Indonesia, “KRI Ki Hajar Dewantara”.
§  Diabadikan pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah tahun edisi 1998
Nama Ki Hajar Dewantara
Nama Ki Hajar Dewantara dipakai/dipergunakannya sejak saat RM Suwardi Suryaningrat genap berusia 40 tahun menurut hitungan penanggalan Jawa.

Ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya. Hal ini dimaksudkan supaya ia dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun jiwa.

Perjuangan Ki Hajar Dewantara
Sejak menjabat sebagai seksi propaganda pada organisasi Budi Utomo (BU), Ki Hajar Dewantara aktif dalam mensosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia (terutama Jawa) pada waktu itu mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara. sampai diselenggarakannya Kongres pertama BU di Yogyakarta.

Menjadi anggota organisasi Insulinde, suatu organisasi multietnik yang didominasi kaum Indo yang memperjuangkan pemerintahan sendiri di Hindia Belanda, yang didirikan oleh Ernest Douwes Dekker (terkenal dengan sebutan DD). Keemudian urut mendirikan organisasi Indische Partij bersama Douwes Dekker,

Dalam kesibukannya sebagai wartawan koran dan majalah, Ki Hajar Dewantara memanfaatkan perjuangan melawan kolonial dengan buah tulisan yang mengkritik tajam diantaranya tulisan yang berjudul "Een voor Allen maar Ook Allen voor Een" atau "Satu untuk Semua, tetapi Semua untuk Satu Juga". Dan yang paling mengejutkan Belanda asalah tulisan beliau yang berjudul “Als ik een Nederlander was” (seandainya saya menjadi seorang belanda) yang dimuat dalam surat kabar De Expres pimpinan Douwes Dekker, terbitan tanggal 13 Juli 1913. Isi artikel ini terasa pedas sekali di kalangan pejabat Hindia Belanda.

Berikut kutipan tulisan tersebut
"Sekiranya aku seorang Belanda, aku tidak akan menyelenggarakan pesta-pesta kemerdekaan di negeri yang telah kita rampas sendiri kemerdekaannya. Sejajar dengan jalan pikiran itu, bukan saja tidak adil, tetapi juga tidak pantas untuk menyuruh si inlander memberikan sumbangan untuk dana perayaan itu. Ide untuk menyelenggaraan perayaan itu saja sudah menghina mereka, dan sekarang kita keruk pula kantongnya. Ayo teruskan saja penghinaan lahir dan batin itu! Kalau aku seorang Belanda, hal yang terutama menyinggung perasaanku dan kawan-kawan sebangsaku ialah kenyataan bahwa inlander diharuskan ikut mengongkosi suatu kegiatan yang tidak ada kepentingan sedikit pun baginya".

Akibat tulisan ini ia ditangkap (atas perintah Gubernur Jenderal Idenburg). Kedua rekannya, Douwes Dekker dan Tjipto Mangoenkoesoemo, melakukan pembelaan dan memprotes penangkapan ini, namun akhirnya mereka bertiga justru ditangkap dan dibuang (diasingkan) ke Belanda pada tahun 1913 hingga September 1919 baru bebas dan kembali ke Indonesia.. Ketiga tokoh ini (Douwes Dekker, Tjipto Mangoenkoesoemo dan Ki Hajar Dewantara) dikemudian hari dikenal sebagai "Tiga Serangkai".

Sekembalinya ke Indonesia Ki Hajar Dewantara mulai mengembangkan konsep pemikiran dan gagasannya tentang dunia pendidikan. Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara mendirikan sekolah Taman Siswa di Yogjakarta. Sekolah ini waktu itu diberi nama "National Onderwijs Institut Taman Siswa", yang didirikan  bersama dengan teman-temannya di paguyuban Sloso Kliwon.

Sekolah Taman Siswa ini hingga sekarang masih berdiri dan berpusat di balai Ibu Pawiyatan (Majelis Luhur) di Jalan Taman Siswa, Yogyakarta, dan mempunyai 129 sekolah cabang di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Semboyan dalam sistem pendidikan gagasan Ki Hajar Dewantara yang hingga kini masih dipakai dipergunakan dalam masyarakat Indonesia juga di kalangan praktisi pendidikan di Indonesia adalah :

ing ngarsa sung tulada         =   di depan memberi contoh
ing madya mangun karsa    =   di tengah memberi semangat
tut wuri handayani               =   di belakang memberi dorongan

Untuk mengenang jasa-jasa Ki Hadjar Dewantara pihak penerus perguruan Taman Siswa mendirikan Museum Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta, untuk melestarikan nilai-nilai semangat perjuangan Ki Hadjar Dewantara.

Koleksi dalam museum ini terutama yang berupa karya tulis atau konsep dan risalah penting serta data surat-menyurat semasa hidup Ki Hadjar Dewantara sebagai jurnalis, pendidik, budayawan dan sebagai seorang seniman telah direkam dalam mikrofilm dan dilaminasi atas bantuan Badan Arsip Nasional.
Ki Hadjar Dewantara
disalin kembali dari berbagai sumber

ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas