"Belajar IPS Lewat Internet"

Tentang Keajaiban Dunia


Seperti Apa Tooo..? Keajaiban Dunia Itu..?

Ketika Kelas II SD saya punya teman mengaji, namanya Ponidi. Ia kelas IV dan ranking wahid di kelasnya. Dia pernah berceritera tentang 7 Bangunan Keajaiban Dunia, hapal betul kelihatannya. Katannya pelajaran itu dia peroleh dari bapaknya di rumah. Saya hanya bengong saja, karena memang belum pernah mendengarnya.

Saya juga pernah bertanya kepada anak-anak siswa Sekolah Dasar saat jalan bersama-sama pulang sekolah. Pertanyaannya tentang Keajaiban Keajaiban Dunia,  Siswa kelas III dan IV plonga-plongo tak tahu menjawab, sedangkan yang kelas V dan VI  nerocos dengan fasih menyebutkan beberapa bangunan kuno yang dianggap sebagai keajaiban dunia. 

Tetapi ketika ditanya seperti apa bentuk Tembok Raksasa di Cina, Taman Gantung di Babylonia dsb, mereka tak ada yang tahu, malah ada yang mengatakan Tembok Raksasa di Cina bentuknya seperti pagar rumah orang-orang kaya, seperti yang pernah mereka lihat di film-film. (???)   Kejadian ini ketika saya masih kelas I SMA.

Sekitar tahun 2007, kejadian seperti diatas terulang kembali saat saya menjemput keponakan saya yang SD pulang sekolah....., Lho.... kok sama ya ? 

Rupanya anak-anak SD kebanyakan belum pernah atau jarang melihat gambar-gambar bangunan tersebut.

Barangkali sangat ideal bila memberikan cerita-cerita dengan dilampiri banyak gambar. Bahan-bahan berasal dari berbagai situs di internet. TERIMA KASIH TELAH MEMBACA.


1.        Kolosus di Rodos
2.        Kuil Artemis
3.        Mausoleum Mausolus di Turky
4.        Mercusuar Iskandariyah
5.        Patung Zeus di Olympia
6.        Piramida Agung Giza
7.        Taman Gantung Babilonia

1.        Akropolis Athena
2.        Angkor Wat di Kamboja
3.        Chichén Itzá Di Mexico
4.        Hagia Sophia di Turkey
5.        Istana Alhambra di Spanyol
8.        Koloseum di Italia
9.        Kuil Kiyomizudera di Jepang
15.     Petra di Yordania
16.     Taj Mahal Di India


ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas