Kisi Kisi
Ujian Nasional (UN) 2015 SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB, Paket B, Paket C, danSMK
Badan Standar
Nasional Pendidikan (BSNP) telah menerbitkan Kisi-Kisi Ujian Nasional (UN) Tahun
2015, melalui Peraturan BSNP Nomor: 0027/P/BSNP/IX/2014
Download
Kisi-Kisi UN 2015 DI SINI
A.
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
1. BAHASA
INDONESIA SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Membaca dan memahami berbagai teks
nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik,
peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku
kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan
20 – 30-an, dan drama).
|
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu
teks.
|
Menentukan persamaan isi berita.
|
||
Menentukan perbedaan penyajian berita.
|
||
Mengidentifikasi isi teks
biografi/iklan.
|
||
Menentukan kalimat fakta/opini dalam
teks iklan.
|
||
Menyimpulkan isi paragraf.
|
||
Mengidentifikasi isi grafik, tabel,
bagan, denah.
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita
pendek/cerita anak.
|
||
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik
dua novel.
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
|
||
2
|
Menulis dan menyunting teks nonsastra
dengan menggunakan
kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama. |
Menulis catatan pengalaman pada buku
harian.
|
Menulis pesan singkat sesuai konteks.
|
||
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
|
||
Melengkapi surat pribadi/surat
dinas/surat pembaca.
|
||
Menulis rangkuman.
|
||
Menulis teks berita sesuai konteks.
|
||
Menulis slogan sesuai konteks.
|
||
Menulis iklan sesuai konteks.
|
||
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
|
||
Menulis teks pidato.
|
||
Menulis rumusan masalah karya
ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
|
||
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca,
pilihan kata.
|
||
Melengkapi pantun.
|
||
Melengkapi puisi.
|
||
Melengkapi naskah drama.
|
2. BAHASA
INGGRIS SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
READING
(Membaca)
Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. |
Menentukan gambaran
umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card,
letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation,
schedule.
|
Menentukan gambaran
umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks berbentuk procedure.
|
||
Menentukan gambaran
umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks berbentuk descriptive.
|
||
Menentukan gambaran
umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks berbentuk recount.
|
||
Menentukan gambaran
umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
|
||
Menentukan gambaran
umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks berbentuk report.
|
||
2
|
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. |
Menentukan kata yang
tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
|
Menentukan kata yang
tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
|
||
Menentukan susunan
kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
|
||
Menentukan susunan
kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.
|
3. MATEMATIKA
SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat
bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika
sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
barisan bilangan dan deret.
|
||
2
|
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep
persamaan dan pertidaksamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi,
fungsi, sistem persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
himpunan.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
fungsi.
|
||
Menentukan gradien, persamaan garis, atau
grafiknya.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linier dua variabel.
|
||
3
|
Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur
bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah menggunakan teorema
Pythagoras.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kesebangunan atau kongruensi.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau pelurus).
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
garisgaris istimewa pada segitiga.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
|
||
Memahami sifat dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
|
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
volume bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas permukaan bangun ruang.
|
||
4
|
Memahami konsep dalam statistika, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya
dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penyajian atau penafsiran data.
|
||
5
|
Memahami konsep peluang suatu kejadian serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang suatu kejadian.
|
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan
satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
|
2
|
Menerapkan konsep zat dan kalor serta
kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan konversi suhu pada termometer.
|
||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3
|
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak,
gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan
hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi
.
|
||
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan
tekanan pada suatu zat.
|
||
4
|
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran,
gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada getaran atau
gelombang.
|
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang
berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
5
|
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan gejala listrik statis dalam
penerapan kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis
dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran fisis energi atau daya
listrik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan
kutubkutub yang dihasilkan.
|
||
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik
atau penerapannya pada transformator.
|
||
6
|
Memahami sistem tata surya dan proses yang
terjadi didalamnya.
|
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau
peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
|
7
|
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul
dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
|
Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta
hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.
|
8
|
Memahami klasifikasi zat serta perubahannya.
|
Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
|
Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran
termasuk rumus kimia
|
||
Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat
tertentu serta perubahannya.
|
||
9
|
Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang
terdapat dalam beberapa produk kimia.
|
Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat
psikotropika serta cara menghindarinya.
|
||
10
|
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta
pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
|
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan
ciricirinya.
|
||
11
|
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi
antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan
lingkungan.
|
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam
ekosistem.
|
Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran/kerusakan lingkungan.
|
||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
|
||
12
|
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
|
Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan
penyakit yang berhubungan dengannya.
|
Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan
enzimenzim yang berperan pada proses pencernaan.
|
||
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan
penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia
dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada
manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada
manusia.
|
||
13
|
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan
tumbuhan
|
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan
(organ) pada tumbuhan.
|
Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan
terhadap pengaruh lingkungan luar.
|
||
Menjelaskan proses fotosintesis melalui
percobaanpercobaan tentang proses tersebut.
|
||
14
|
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan
perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta
kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan
seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
|
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan
hukum Mendel.
|
||
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan manusia.
|
ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas