"Belajar IPS Lewat Internet"

Penyalahgunaan Minuman Keras (Miras)


Penyimpangan Sosial Dalam Kehidupan Masyarakat

1.      Penyimpangan Sosial


B.  Berbagai Penyakit Sosial dalam Masyarakat
      
       Segala tindakan atau perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat dianggap sebagai bentuk penyimpangan.

       Bentuk-bentuk penyimpangan tersebut apabila terus berkembang akan menyebabkan timbulnya penyakit sosial dalam masyarakat. Adapun bentuk-bentuk penyimpangan serta berbagai penyakit sosial yang ada dalam masyarakat bermacam-macam.


Beberapa contoh Penyimpangan Sosial sebagai berikut

       .

1.    Penyahagunaan Minuman Keras (Miras)

       Minuman keras adalah minuman dengan kandungan alkohol lebih dari 5%. Akan tetapi, berdasarkan ketetapan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), setiap minuman yang mengandung alkohol, berapa pun kadarnya, dapat dikategorikan sebagai minuman keras dan itu diharamkan.

       Di beberapa daerah di Indonesia, terdapat jamu atau minuman tradisional yang dapat digolongkan sebagai minuman keras.
      
       Sangat disayangkan jika jamu atau minuman tradisional yang dapat digolongkan sebagai minuman keras tersebut dikonsumsi secara berlebihan atau sengaja digunakan untuk mabuk-mabukan.

       Para pemabuk minuman keras dapat dianggap sebagai penyakit masyarakat.

       Pada banyak kasus kejahatan, para pelaku umumnya berada dalam kondisi mabuk minuman keras. Hal ini dikarenakan saat seseorang mabuk, ia akan kehilangan rasa malunya, tindakannya tidak terkontrol, dan sering kali melakukan hal-hal yang melanggar aturan masyarakat atau aturan hukum.

       Minuman keras juga berbahaya saat seseorang sedang mengemudi, karena dapat merusak konsentrasi pengemudi sehingga dapat menimbulkan kecelakaan.

       Pada pemakaian jangka panjang, dapat berakibat fatal, pemabuk minuman keras tersebut dapat meninggal dunia karena organ lambung atau hatinya rusak terpengaruh efek samping alkohol yang kerap dikonsumsinya.


CATATAN
Untuk semua siswa SMP-SMA  yang bapak banggakan
Ada masukan dari bapak-bapak yang turut baca artikel ini, tentang bahayanya penyalahgunaan miras, silahkan dibaca dan dihayati


zachflazz,14 Februari 2013 20.41
satu lagi Pak, banyak minum-minuman keras di waktu muda akan terungkap di masa dewasa. mata nggak jernih, dan mudah lelah. juga kalo ada tes kesehatan di penerimaan pegawai atau AKABRI, bakalan ketahuan. mohon agar diinformasikan ke anak-anak di kelas, Pak.

Cilembu thea, 14 Februari 2013 21.53
bener pa..udah ada contohnya, sampaikan juga miras sangat merugikan kesehatan lahir dan batin, orang tua pun akan bersedih hati kalau tau anak-anaknya terjerumus ke mirassantika.
salam sehat selalu ya pa.


Sumber: Buku IPS SMP Kelas 8

ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas