"Belajar IPS Lewat Internet"

Award Campoeng Cmoneng dari EM Albar BATAM



Kali ini saya menerima sebuah Company Award dari teman baik saya EM Albar (Blog AlbarNation) dari Batam Provinsi Kepulauan Riau Indonesia.

AlbarNation Blog adalah sebuah blog personal yang berisi berbagai macam informasi yang sangat bermanfaat.

Admin AlbarNation Blog adalah Muhammad Albar, masih muda belia, sangat kreatif, dan kini sedang melanjutkan kuliah di Universitas Putera Batam Jurusan Teknik Informatika di Batam

Mendengar kata Batam saya teringat akan masa-masa kecil dulu, banyak teman-teman di atas (+5 tahun-an) dari usia saya, yang merantau, ada yang ke Tangjung Balai Asahan, Bagan Siapiapi, Bagan Batu, ada pula yang ke Pekanbaru dan Batam.

Setiap kali pulang kampung mereka menceritakan pengalamannya di perantauan, tentang pekerjaan, penghasilan, dan tak kalah menarik tentu cerita tentang cewek, karena umumnya mereka bujangan. Saat itulah mula pertama saya mendengar kata Batam.

Kayaknya Kota Batam mulai ramai dibicarakan sejak tahun 1970-an ketika itu saya yang masih SMP selalu nguping setiap kali ada orang cerita tentang Kota Batam.

Sungguh sangat menarik kota Batam waktu itu yang katanya banyak terdapat lapangan pekerjaan, baik pekerjaan halus atau kasar, dengan gaji yang besar. Hmm... begitu kuatnya daya tarik kota Batam.

Waktu itu saya pun kepingin sekali ikut bersama teman-teman merantau ke Batam, sayang ibuku nangis-nangis terus tidak mengijinkan, beliau menginginkan saya menamatkan SMP.

Tadi pagi saya googling mencari tahu. Saya terkejut rupanya Batam sekarang sudah menjadi kota metropolitan yang disebut-sebut sebagai kota industri, Singapura-nya Indonesia dsb.

Meskipun cita-cita merantau ke Batam tidak keturutan, sekarang saya merasa senang karena memiliki teman baik yang berada di Kota Batam. Sesekali kesana pastilah tidak akan kesasar, paling tidak ada tempat menginap gratis. Dialah EM Albar yang memberi kepercayaan Company Award ini.

Terima kasih mas EM Albar, aku ingin menjadi teman baikmu selamanya ....



Kota Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau dan merupakan kota dengan populasi terbesar ke tiga di wilayah Sumatra setelah Medan dan Palembang. April 2012 jumlah penduduk Batam mencapai 1.153.860 jiwa.

Metropolitan Batam terdiri dari tiga pulau, yaitu Batam, Rempang dan Galang yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Batam merupakan sebuah kota dengan letak sangat strategis.

Selain berada di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan Singapura dan Malaysia. Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia.

Ketika dibangun pada tahun 1970-an awal kota ini hanya dihuni sekitar 6.000 penduduk dan dalam tempo 40 tahun penduduk Batam bertumbuh hingga 158 kali lipat.

Kini di era reformasi, dengan Undang-Undang nomor 53 tahun 1999, Kotamadya Batam telah statusnya menjadi daerah otonomi, yaitu Pemerintah Kota Batam.

Masyarakat Kota Batam merupakan masyarakat heterogen yang terdiri dari beragam suku dan golongan. Suku yang dominan antara lain Melayu, Jawa, Batak, Minangkabau, dan Tionghoa. Batam adalah tempat berbagai suku bangsa bertemu.

Pertumbuhan ekonomi Kota Batam yang lebih tinggi dibandingkan dengan laju pertumbuhan ekonomi nasional menjadikan wilayah ini andalan bagi pemacu pertumbuhan ekonomi secara nasional maupun bagi Provinsi Kepulauan Riau.

Beragam sektor penggerak ekonomi meliputi sektor komunikasi, sektor listrik, air dan gas, sektor perbankan, sektor industri dan alih kapal.

Sektor perdagangan dan jasa merupakan nadi perekonomian kota batam yang tidak hanya merupakan konsumsi masyarakat Batam dan Indonesia tetapi juga merupakan komoditi ekspor untuk negara lain.

Sumber : Wikipedia indonesia

ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas