"Belajar IPS Lewat Internet"

Peta Provinsi Kepulauan Riau ( Kepri)

Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terletak  di wilayah Indonesia Barat

Kepulauan Riau (Kepri)
05Pakaian Adat Melayu “Indragiri Riau”
5. Provinsi Riau Kepulauan Rumah Selaso Jatuh Kembar Rumah Belah Bubung
Semua gambar Peta 33 Provinsi Di Indonesia disajikan dalam File yang berukuran besar, sengaja dipisahkan per halaman agar ringan dibuka, nyaman, mudah di download. Silahkan dipilih bagi yang berminat, semoga bermanfaat.


Kepulauan Riau merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari provinsi Riau. Provinsi Kepulauan Riau terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2002 merupakan Provinsi ke-32 di Indonesia. Ibukota provinsi Kepulauan Riau berkedudukan di Tanjungpinang.

Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah utara, Malaysia dan provinsi Kalimantan Barat di timur, provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi di selatan; Negara Singapura, Malaysia dan provinsi Riau di sebelah barat.

Secara keseluruhan wilayah Kepulauan Riau terdiri dari 5 kabupaten dan 2 kota, 47 kecamatan serta 274 kelurahan/desa dengan jumlah 2.408 pulau besar dan kecil yang 30% belum bernama dan belum berpenduduk. Adapun luas wilayahnya sebesar 252.601 km², sekitar 95% merupakan lautan dan hanya sekitar 5% daratan.

Provinsi ini terletak pada jalur lalu lintas transportasi laut dan udara yang strategis dan terpadat pada tingkat internasional serta pada bibir pasar dunia yang memiliki peluang pasar.

Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepri
1.    Kota Tanjungpinang,
2.    Kota Batam,
3.    Kabupaten Bintan,
4.    Kabupaten Karimun,
5.    Kabupaten Natuna,
6.    Kabupaten Kepulauan Anambas dan
7.    Kabupaten Lingga.

Sumber daya alam
Kepri memiliki potensi sumber daya alam mineral dan energi yang relatif cukup besar dan bervariasi baik berupa bahan galian A (strategis) seperti minyak bumi dan gas alam, bahan galian B (vital) seperti timah, bauksit dan pasir besi, maupun bahan galian golongan C seperti granit, pasir dan kuarsa.

Kelautan
Sebagai provinsi kepulauan, wilayah ini terdiri atas 96 % lautan. Di Kabupaten Karimun terdapat budidaya Ikan kakap, budidaya rumput laut, kerambah jaring apung. Di Pulau Setoko, bahkan terdapat pusat pembenihan ikan kerapu yang mampu menghasilkan lebih dari 1 juta benih setahunnya.

Di daerah telaga punggur, ada satu pelabuhan perikanan yang dikelola murni oleh swasta . Letak pelabuhan perikanan swasta Telaga Punggur sangat strategis karena berhadapan dengan jalur lintas kapal penangkapan ikan antara Propinsi Kepri dan Natuna, ZEEI , Laut Cina Selatan.

Pertanian
Sektor pertanian merupakan sektor yang strategis terutama di Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun dan Kota Batam. Disamping palawija dan holtikultura, tanaman lain seperti kelapa, kopi, gambir, nenas serta cengkeh dan perkebunan kelapa sawit.

Pariwisata
Objek wisata di Provinsi Kepulauan Riau antara lain adalah wisata pantai yang terletak di berbagai kabupaten dan kota. Pantai Melur, Pulau Abang dan Pantai Nongsa di kota Batam, Pantai Pelawan di Kabupaten Karimun, Pantai Lagoi, Pantai Tanjung Berakit, Pantai Trikora, dan Bintan Leisure Park di kabupaten Bintan. Kabupaten Natuna terkenal dengan wisata baharinya seperti snorkeling.

Provinsi Kepulauan Riau juga memiliki objek wisata lainnya seperti cagar budaya, makam-makam bersejarah, tarian-tarian tradisional serta event-event khas daerah.

Di kota Tanjungpinang terdapat pulau Penyengat sebagai pulau bersejarah karena di pulau ini terdapat masjid bersejarah dan makam-makam Raja Haji Fisabililah dan Raja Ali Haji yang kedua-duanya adalah pahlawan nasional.

Sumber : Wikipedia indonesia


Peta 33 Provinsi Di Indonesia Lengkap terbaru

Peta Provinsi di Wilayah Indonesia Barat

Peta Provinsi di Wilayah Indonesia Timur

Harun Ar  Megang Sakti, Musi Rawas, Sumatera Selatan.
http://harunarcom.blogspot.com/


ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas