Soal Latihan
Lingkungan Hidup dan Pelestariannya
A. Pilihlah jawaban yang paling tepat
1. Ruang yang
ditempati makhluk hidup bersama benda tak hidup disebut ... .
a. ekosistem c. populasi
b. lingkungan d. habitat
2. Berikut
yang bukan merupakan unsur-unsur lingkungan
adalah ... .
a. unsur biotik
b. unsur
manajemen lingkungan
c. unsur abiotik
d. unsur sosial budaya
3. Unsur-unsur berikut ini yang berupa komponen abiotik
adalah ... .
a. tanah, udara, dan mikroorganisme
b. mikroorganisme,
cacing, dan serangga
c. flora,
fauna, dan mikroorganisme
d. air,
tanah, dan udara
4. Berikut adalah proses alam yang dapat
menyebabkan kerusakan lingkungan,
yaitu ... .
a. tumpahan
minyak di laut c. kemarau panjang
b. jebolnya
bendungan/dam d. sampah
5. Salah satu
faktor yang menyebabkan terjadinya polusi air adalah ... .
a. kegiatan
perladangan c. berkurangnya volume air sungai
b. erosi di
bagian hulu d. buangan limbah industri
6. Tingkat
kebisingan yang dapat mengganggu kehidupan manusia, yaitu suara yang
memiliki kekuatan ... .
a. < 80
desibel c. > 80 desibel
b. < 80 Mhz d. > 80 Mhz
7. Pelaksanaan
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan
Hidup merupakan kebijakan
pemerintah yang dituangkan malalui ... .
a. Peraturan
Pemerintah (PP) Indonesia Nomor 19 Tahun 1986
b. Peraturan
Pemerintah (PP) Indonesia Nomor 29 Tahun 1986
c. Peraturan
Pemerintah (PP) Indonesia Nomor 39 Tahun 1986
d. Peraturan
Pemerintah (PP) Indonesia Nomor 49 Tahun 1986
8. Berikut
merupakan usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup yang dapat dilakukan, kecuali ... .
a. melakukan
pengolahan tanah
b. mengatur
sistem irigasi atau drainase
c. memberikan
perlakuan khusus terhadap limbah sebelum dibuang
d. melakukan
urbanisasi
9. Bukan
merupakan bagian dari Trilogi
Pembangunan adalah ... .
a. pemerataan
pembangunan dan hasil-hasilnya
b. ikut menjaga perdamaian dunia
c. stabilitas
nasional yang sehat dan dinamis
d. pertumbuhan
ekonomi yang cukup tinggi
10. Dalam analisis SWOT, ancaman yang
tidak lain adalah dampak negatif
pembangunan disebut dengan istilah ... .
a. threat c. opportunity
b. weakness d. strenght
11. Adaptasi
yang dilakukan manusia terhadap
lingkungannya akan meng- hasilkan
berbagai bentuk hasil interaksi yang disebut dengan budaya. Berikut adalah
hasil budidaya manusia, kecuali ... .
a. pola aliran
sungai
b. pola mata
pencaharian
c. pola
pemukiman
d. pola
penggunaan lahan
12. Selain
sebagai tempat tinggalnya, lingkungan hidup juga dapat dimanfaatkan manusia
untuk dikembangkan sebagai hal-hal
berikut, kecuali ... .
a. media
penghasil bahan kebutuhan pokok
b. wahana
bersosialisasi dan berinteraksi
c. sumber energi
d. potensi
konflik
13. Berkurangnya
kadar oksigen (O ), menipisnya lapisan ozon (O ), dan bila bersenyawa
dengan air hujan akan menimbulkan hujan
asam merupakan dampak dari ... .
a. polusi air c. polusi tanah
b. polusi udara d. polusi suara
14. Lingkungan
mempunyai arti penting dalam menyokong kehidupan makhluk hidup, sejauh makhluk hidup
tersebut mampu beradaptasi dengan
lingkungan. Berikut ini yang merupakan bentuk adaptasi manusia terhadap
lingkungan-nya adalah ... .
a. pola
permukiman penduduk
b. pemakaian
berbagai sumber daya alam
c. membangun
PLTA dan sarana transportasi
d. kegiatan
perladangan
15. Usaha untuk
mengurangi erosi di lahan pertanian yang miring
antara lain bisa dilakukan dengan
cara ... .
a. menanami
dengan tanaman semusim
b. menggunakan
sistem terasiring
c. melaksanakan
mekanisasi pertanian
d. menggunakan
sistem tumpang sari
16. Pembuangan
sampah-sampah berikut ini dapat menimbulkan polusi tanah kecuali ... .
a. plastik c. pecahan kaca
b. daun-daunan d. besi bekas
17. Peristiwa
efek rumah kaca (green house effect) yang berlangsung cukup lama akan menyebabkan
hal-hal di bawah ini, kecuali ... .
a. perubahan
iklim dunia
b. pemanasan
global
c. hujan asam
d. pencairan es
di kutub
18. Usaha
menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak dilarang karena akan membawa
dampak antara lain berupa ... .
a. ikan menjadi
tidak enak rasanya
b. harga ikan
menjadi lebih murah
c. populasi ikan
terancam cepat punah
d. berbagai
jenis ikan tidak disukai konsumen
19. Menurut konsep pembangunan yang berwawasan
lingkungan, kegiatan pembangunan yang
kita lakukan hendaknya ... .
a. tidak usah
dilakukan jika menimbulkan dampak
positif
b. dilakukan jika menimbulkan dampak positif
c. boleh
dilakukan jika tidak menimbulkan dampak negatif
d. kegiatan
pembangunan dilakukan dengan cara
menekan seminimal mungkin dampak yang
terjadi
20. Salah satu
ciri pembangunan yang berwawasan lingkungan
adalah ... .
a. melakukan
AMDAL setelah pembangunan dilakukan
b. melakukan
AMDAL sebelum pembangunan dilaksanakan
c. setelah
pembangunan dilakukan diteliti dampak yang terjadi
d. sebelum
pembangunan dilaksanakan terlebih dulu
diteliti potensi lingkungannya
B. Kerjakan soal-soal berikut
1. Sebut dan
jelaskan unsur-unsur lingkungan dengan disertai contoh masing- masing
2. Sebutkan
beberapa bentuk kerusakan lingkungan
yang disebabkan oleh gejala alam
3. Sebutkan
beberapa bentuk kerusakan lingkungan
yang disebabkan oleh dampak aktivitas manusia
4. Sebutkan
lima usaha-usaha yang dapat dilakukan manusia dalam melestari- kan lingkungan
hidup
5. Sebutkan
ciri-ciri pembangunan yang berwawasan
lingkungan
6. Mengapa
setiap pembangunan suatu proyek wajib dilakukan
AMDAL terlebih dahulu
7. Bagaimanakah
pengelolaan sampah yang baik agar tidak mencemari dan merusak lingkungan?
8. Deskripsikan
proses terjadinya hujan asam sebagai akibat adanya polusi udara dengan disertai
gambar atau bagan
9. Bagaimanakah
keterkaitan manusia, sumber daya alam, dan iptek dalam mendukung pembangunan?
10. Menurut pandapat kalian, sudahkah negara kita
melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan? Berikan alasan-alasan kalian
Sumber
: Buku
IPS untuk SMP/MTs Kelas VIII
Penulis : Sanusi
Fattah Amin Hidayat Juli Waskito, Moh. Taukit Setyawan
Back to Materi IPS SMP Kelas 8
ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas