"Belajar IPS Lewat Internet"

Award Campoeng Cmoneng dari Haryadin Blog Kabupaten Barru Sulawesi Selatan


Campoeng Cmoneng menerima “Jawara Award” dan “Versatille Blogger Award”, dua buah award dari “Haryadin Blog” admin-nya adalah sahabat Hayardin, S.Pd. yang tinggal di Kabupaten Barru Prov. Sulawesi Selatan.

“Haryadin Blog”, adalah sebuah blog tutorial yang banyak berisi tentang Tutorial Blog dan Tutorial SEO Blog. Penyampaian tutorialnya dengan kalimat-kalimat simpel dan mudah dipahami, selain itu yang paling menarik adalah adminnya ramah

Terima kasih Mas Ayha.... dengan senang hati menerimanya, moga saya dapat menyandang kepercayaan ini

Kabupaten Barru di Prov. Sulawesi Selatan
Sedikit gambaran tentang Kabupaten Barru. (wikipedia)

Ternyata kabupaten Barru berada di wilayah Sulawesi Selatan. Tanggal 24 Pebruari 1960 merupakan tonggak sejarah yang menandai awal kelahiran Kabupaten Daerah Tingkat II Barru dengan ibukota Barru, berdasarkan Undang-Undang Nomor 229 tahun 1959 tentang pembentukan Daerah-daerah Tingkat II di Sulawesi Selatan. Kabupaten Barru terbagi dalam 7 Kecamatan yang memiliki 40 Desa dan 14 Kelurahan, berada ± 102 Km di sebelah Utara Kota Makassar, ibukota Sulawesi Selatan.

Sebelum dibentuk sebagai suatu Daerah Otonom berdasarkan UU No. 29 Tahun 1959, pada tahun 1961 daerah ini terdiri dari 4 wilayah Swapraja di dalam kewedanaan Barru, Kabupaten Parepare lama, masing-masing Swapraja Barru, Swapraja Tanete, Swapraja Soppeng Riaja dan bekas Swapraja Mallusetasi. Ibukota Kabupaten Barru sekarang bertempat di bekas ibukota Kewedanaan Barru.

Kabupaten Barru dahulu sebelum terbentuk adalah kerajaan-kerajaan kecil yang masing-masing dipimpin oleh seorang raja, yaitu: Kerajaan Berru (Barru), Kerajaan Tanete, Kerajaan Soppeng Riaja dan Kerajaan Mallusetasi.

Dimasa pemerintahan Belanda dibentuk Pemerintahan Sipil Belanda dimana wilayah Kerajaan Barru, Tanete dan Soppeng Riaja dimasukkan dalam wilayah Onder Afdelling Barru yang bernaung dibawah Afdelling Parepare. Sebagai kepala Pemerintahan Onder Afdelling diangkat seorang control Belanda yang berkedudukan di Barru, sedangkan ketiga bekas kerajaan tersebut diberi status sebagai Self Bestuur (Pemerintahan Kerajaan Sendiri) yang mempunyai hak otonom untuk menyelenggarakan pemerintahan sehari-hari baik terhadap eksekutif maupun dibidang yudikatif.

Demikian saya dikasih tahu oleh Mbah Wikipedia tentang Kabupaten Barru, tempat tinggal sahabat Haryadin, S.Pd. salah satu sahabat baik saya yanga cakep n ganteng.-------------------

ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas