"Belajar IPS Lewat Internet"

Model dan Juknis Pengisian Rapor Kurikulum 2013

Cara Pengisian Rapor SMP Kurikulum 2013

BAB III
BUKU RAPOR SMP BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan menyebutkan bahwa hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi kepada orang tua dan pemerintah.

Standar Penilaian Pendidikan pun menyebutkan bahwa laporan hasil penilaian oleh pendidik berbentuk:
1.    Nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan serta keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu.
2.    Deskripsi sikap diberikan untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.
3.    Penilaian oleh masing-masing pendidik secara keseluruhan dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
       Pengembangan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pada dasarnya merupakan wewenang sekolah yang dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Namun demikian, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar memandang perlu disusunnya Buku Panduan Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik dan Model Laporan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama untuk membantu sekolah mengembangkan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.

       Buku Petunjuk Teknis Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik dan Model Laporan Hasil Belajar Peserta Didik SMP diharapkan dapat membantu sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengembangkan format Laporan Hasil Belajar Peserta Didik sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah disusun sekolah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 66  Tahun 2013 Bab II, Bagian E poin e nomor 1) dan 2) menyatakan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas laporan hasil penilaian oleh pendidik yang berbentuk:
1.    Nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu.
2.    Deskripsi sikap, untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.

       Penilaian oleh pendidik dilaksanakan secara berkesinambungan (terus- menerus) untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas. Penilaian oleh pendidik pada dasarnya digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik, dasar memperbaiki proses pembelajaran, dan bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar peserta didik.
      
       Laporan hasil belajar peserta didik merupakan dokumen penghubung antara sekolah dengan orang tua peserta didik maupun dengan pihak-pihak lain yang berkepentingan untuk mengetahui kompetensi peserta didik. Oleh karena itu, laporan hasil belajar peserta didik harus komunikatif, informatif, dan komprehensif (menyeluruh) sehingga dapat memberikan gambaran mengenai hasil belajar peserta didik dengan jelas dan mudah dimengerti.
      
       Direktorat Pembinaan SMP,Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, memandang perlu menerbitkan Buku Panduan Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik yang di dalamnya disajikan Model Rapor SMP, Petunjuk Teknis Pengelolaan Penilaian, dan Petunjuk Teknis Pengisian Rapor. Hal ini dilakukan untuk membantu para guru dalam satuan pendidikan melaksanakan pengisian laporan hasil belajar peserta didik dalam bentuk rapor.

~~~0000~~~~

http://harunarcom.blogspot.com/2014/07/download-buku-smp-kelas-7-kurikulum.html


A. MODEL RAPOR SMP
CONTOH MODEL


LAPORAN
HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP)











Nama Peserta Didik




NISN




KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
REPUBLIK INDONESIA
LAPORAN
HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP)


~~~0000~~~~

Nama Sekolah       :    ___________________________________
NIS/NSS/NDS       :    ___________________________________
Alamat Sekolah     :    ___________________________________
                                    ___________________________________
                                    Kode Pos ___________Telp.____________
Kelurahan              :    ___________________________________
Kecamatan            :    ___________________________________
Kota/Kabupaten     :    ___________________________________
Provinsi                  :    ___________________________________
Website                  :    ___________________________________
E-mail                    :    ___________________________________

~~~0000~~~~



PETUNJUK PENGGUNAAN

1.    Buku Laporan Hasil Belajar ini dipergunakan selama peserta didik mengikuti pelajaran di Sekolah Menengah Pertama (SMP).
2.    Apabila peserta didik  pindah sekolah, buku Laporan Hasil Belajar dibawa oleh peserta didik yang bersangkutan untuk dipergunakan sebagai bukti pencapaian kompetensi.
3.    Apabila buku Laporan Hasil Belajar peserta didik yang bersangkutan hilang, dapat diganti dengan buku Laporan Hasil Belajar Pengganti dan diisi dengan nilai-nilai yang dikutip dari Buku Induk Sekolah asal peserta didik dan disahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
4.    Buku Laporan Hasil Belajar peserta didik ini harus dilengkapi dengan pas foto ukuran 3 x 4 cm, dan pengisiannya dilakukan oleh wali kelas.

~~~0000~~~~



KETERANGAN TENTANG DIRI PESERTA DIDIK

Nama Peserta Didik (Lengkap)       :  ....................................................
Nomor Induk                                    :  ....................................................
Tempat  Tanggal Lahir                    :  ....................................................
Jenis Kelamin                                  :  ....................................................
Agama                                             :  ....................................................
Status dalam Keluarga                    :  ....................................................
Anak ke                                           :  ....................................................
Alamat Peserta Didik                       :  ....................................................
Nomor Telepon Rumah                   :  ....................................................
Sekolah Asal                                    :  ....................................................
11.Diterima di sekolah ini               
 Di kelas                                           :  ....................................................
 Pada tanggal                                   :  ....................................................
 Nama Orang Tua                           :  ....................................................
a. Ayah                                            :  ....................................................
b. Ibu                                                :  ....................................................
Alamat  Orang Tua                               :  ....................................................
Nomor Telepon Rumah                   :  ....................................................
Pekerjaan Orang Tua                      :  ....................................................
a. Ayah                                            :  ....................................................
b. Ibu                                                :  ....................................................
Nama Wali Peserta Didik                :  ....................................................
Alamat Wali Peserta Didik               :  ....................................................
Nomor Telpon Rumah                     :  ....................................................
Pekerjaan Wali Peserta Didik          :  ....................................................
                                                                               


Pas Foto
3 x 4
                                                                                ...................., ............20....
                                                                                Kepala Sekolah,




                                                                                NIP


~~~0000~~~~




Nama Sekolah         :  _______________   Kelas                   :  ______________
Alamat                      :  _______________   Semester            :  1 (Satu)
Nama                       :  _______________   Tahun Pelajaran :  ___________
Nomor Induk/NISN  :  _______________                              

CAPAIAN       


MATA PELAJARAN
Pengetahuan
(KI 3)
Keterampilan
(KI 4)
Sikap Spiritual dan Sosial
(KI 1 dan KI 2)

Dalam Mapel
Antarmapel

Kelompok A




SB/ B/ C/ K
Deskripsi

1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti



Kesimpulan dari sikap keseluruhan dalam mapel diputuskan melalui rapat koordinasi bersama dengan guru mapel di kelas yang sama dan wali kelas.
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan




C
3
Bahasa Indonesia




B
4
Matematika




K
5
Ilmu Pengetahuan Alam




C
6
Ilmu Pengetahuan Sosial




C
7
Bahasa Inggris






Kelompok B








1
Seni Budaya







2
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan






3
Prakarya



















Kegiatan Ekstrakurikuler
Nilai
Keterangan
1. Praja Muda Karana (Pramuka)




2. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)




3. .............






Ketidakhadiran
Sakit                          : _____ hari
Izin                            : _____ hari
Tanpa Keterangan     : _____ hari



Mengetahui:                                                            ....................., ...............20......
Orang Tua/Wali,                                                      Wali Kelas,


.                                           .                                   .                                            .
                                                                                NIP ...................................... 

~~~0000~~~~




Nama Sekolah         :  _______________   Kelas                   :  ______________
Alamat                      :  _______________   Semester            :  1 (Satu)
Nama                       :  _______________   Tahun Pelajaran :  ___________
Nomor Induk/NISN  :  _______________                              

DESKRIPSI   


MATA PELAJARAN
KOMPETENSI
CATATAN
Kelompok A




1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Pengetahuan
deskripsi capaian KD pada KI 3



Keterampilan
deskripsi capaian KD pada KI 4
Sikap Spiritual dan Sosial
deskripsi capaian KD pada KI 1 dan KI 2
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Pengetahuan





Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial


3
Bahasa Indonesia
Pengetahuan


Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial


4
Matematika
Pengetahuan


Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial


5
Ilmu Pengetahuan Alam
Pengetahuan


Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial


6
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengetahuan


Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial


7
Bahasa Inggris
Pengetahuan




Keterampilan


 Sikap Spiritual dan Sosial



Kelompok B




1
Seni Budaya
Pengetahuan




Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial


2
Pendidikan Jasmani,                 Olah Raga, dan Kesehatan
Pengetahuan



Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial


3
Prakarya
Pengetahuan




Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial




Mengetahui:                                                            ....................., ...............20......
Orang Tua/Wali,                                                      Wali Kelas,

.                                           .                                   .                                            .
                                                                                NIP ...................................... 



~~~0000~~~~




Nama Sekolah         :  _______________   Kelas                   :  ______________
Alamat                      :  _______________   Semester            :  1 (Satu)
Nama                       :  _______________   Tahun Pelajaran :  ___________
Nomor Induk/NISN  :  _______________                              

CAPAIAN       


MATA PELAJARAN
Pengetahuan
(KI 3)
Keterampilan
(KI 4)
Sikap Spiritual dan Sosial
(KI 1 dan KI 2)
Dalam Mapel
Antarmapel
Kelompok A




SB/ B/ C/ K
Deskripsi
1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti



  Kesimpulan dari sikap keseluruhan dalam mapel diputuskan melalui rapat koordinasi bersama dengan guru mapel di kelas yang sama dan wali kelas.
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan




C
3
Bahasa Indonesia




B
4
Matematika




D
5
Ilmu Pengetahuan Alam




C
6
Ilmu Pengetahuan Sosial




C
7
Bahasa Inggris






Kelompok B






1
Seni Budaya







2
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan






3
Prakarya








Kegiatan Ekstrakurikuler
Nilai
Keterangan
1. Praja Muda Karana (Pramuka)




2. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)




3. .............






Ketidakhadiran
Sakit                          : _____ hari
Izin                            : _____ hari
Tanpa Keterangan     : _____ hari



Mengetahui:                                                            ....................., ...............20......
Orang Tua/Wali,                                                      Wali Kelas,


.                                           .                                   .                                            .
                                                                                NIP ...................................... 

~~~0000~~~~





Nama Sekolah         :  _______________   Kelas                   :  ______________
Alamat                      :  _______________   Semester            :  1 (Satu)
Nama                       :  _______________   Tahun Pelajaran :  ___________
Nomor Induk/NISN  :  _______________                              

DESKRIPSI   


MATA PELAJARAN
KOMPETENSI
CATATAN
Kelompok A




1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Pengetahuan
deskripsi capaian KD pada KI 3




Keterampilan
deskripsi capaian KD pada KI 4
Sikap Spiritual dan Sosial
deskripsi capaian KD pada KI 1 dan KI 2
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Pengetahuan





Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial


3
Bahasa Indonesia
Pengetahuan



Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial


4
Matematika
Pengetahuan



Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial


5
Ilmu Pengetahuan Alam
Pengetahuan


Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial


6
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengetahuan


Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial


7
Bahasa Inggris
Pengetahuan





Keterampilan


 Sikap Spiritual dan Sosial




Kelompok B




1
Seni Budaya
Pengetahuan




Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial


2
Pendidikan Jasmani,                 Olah Raga, dan Kesehatan
Pengetahuan



Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial


3
Prakarya
Pengetahuan




Keterampilan


Sikap Spiritual dan Sosial










Orang Tua/Wali,                                                         


----------------------------


Keputusan:
Berdasarkanhasil yang dicapai pada   
semester 1 dan 2, pesertadidikditetapkan
naikkekelas        ( _______________)
tinggal di kelas   (________________) _____________20__
Kepala SMP ______________________________

_____________________________
 NIP




~~~0000~~~~






KETERANGAN PINDAH SEKOLAH

NAMA PESERTA DIDIK : __________________

KELUAR
Tanggal
Kelas yang Ditinggalkan
Sebab-sebab Keluar atau Atas Permintaan (Tertulis)
Tanda Tangan Kepala Sekolah, Stempel Sekolah, dan Tanda Tangan Orang Tua/Wali






__________, ___________
Kepala Sekolah,


NIP

Orang Tua/Wali,









__________, ___________
Kepala Sekolah,

NIP

Orang Tua/Wali,









__________, ___________
Kepala Sekolah,

NIP
Orang Tua/Wali,






~~~0000~~~~




KETERANGAN PINDAH SEKOLAH

NAMA PESERTA DIDIK        : __________________

NO.
MASUK

1
2
3
4


5

Nama Peserta Didik
Nomor Induk
Nama Sekolah
Masuk di Sekolah ini:
Tanggal
Di Kelas
Tahun Pelajaran
_________________
_________________
_________________

_________________
_________________
_________________

_______, _________
Kepala Sekolah,



NIP

1
2
3
4


5

Nama Peserta Didik
Nomor Induk
Nama Sekolah
Masuk di Sekolah ini:
Tanggal
Di Kelas
Tahun Pelajaran

_________________
_________________
_________________

_________________
_________________
_________________

_______,__________

Kepala Sekolah,



NIP

1
2
3
4


5

Nama Peserta Didik
Nomor Induk
Nama Sekolah
Masuk di Sekolah ini:
Tanggal
Di Kelas
Tahun Pelajaran

_________________
_________________
_________________

_________________
_________________
_________________

__________, _____
Kepala Sekolah,




NIP.


~~~0000~~~~




Catatan Prestasi yang Pernah Dicapai

Nama Peserta Didik        :       ……………………………………………….
Nama Sekolah                :       ……………………………………………….
Nomor Induk                   :       ……………………………………………….

No.
Prestasi yang Pernah Dicapai
Keterangan

1

Kurikuler

_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
________________________________________

2

Ekstra Kurikuler

_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________

3

Catatan Khusus Lainnya

_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________


~~~0000~~~~




B. PETUNJUK TEKNIS PENGELOLAAN PENILAIAN
       Penilaian setiap mata pelajaran meliputi kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap.

       Kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan menggunakan skala 1–4 (kelipatan 0.33), yang dapat dikonversi ke dalam Predikat A - D, sedangkan kompetensi sikap menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), danKurang (K), sepertipadaTabel 1 di bawahini.

Tabel 1 : Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap

PREDIKAT
NILAI KOMPETENSI
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
SIKAP
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D
1
1


      
Penilaian yang dilakukan untuk mengisi laporan hasil belajar  ada 3 (tiga) macam, yaitu:
1.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik)
b.    Penilaian Pengetahuan terdiri atas:
1.    Nilai Harian (NH)
2.    Nilai Ulangan Tengah Semester (UTS)
3.    Nilai Ulangan Akhir Semester (UAS)
c.    Nilai Harian (NH) diperoleh dari hasil ulangan harian yang terdiri dari: tes tulis, tes lisan, dan penugasan yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD).
d.    Nilai Ulangan Tengah Semester (NUTS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan pada tengah semester. Materi Ulangan Tengah Semester mencakup seluruh kompetensi yang telah dibelajarkan sampai dengan saat pelaksanaan UTS.
e.    Nilai Ulangan Akhir Semester (NUAS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan di akhir semester. Materi UAS mencakup seluruh kompetensi pada semester tersebut.
f.     Penghitungan Nilai Pengetahuan diperoleh dari rata-rata Nilai Proses (NP), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS)/Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) yang bobotnya ditentukan oleh satuan pendidikan.
g.    Penilaian Kompetensi pengetahuan dapat menggunakan  rentang nilai seperti pada tabel 2 untuk membantu guru dalam menentukan nilai.
Tabel 2 : Rentang Nilai Kompetensi Pengetahuan
No.
Nilai
Predikat
1
0,00 ˂  Nilai          1,00
D.
2
1,00 ˂  Nilai          1,33
D+
3
1,33 ˂  Nilai          1,66
C-.
4
1,66 ˂  Nilai          2,00
C
5
 2,00˂  Nilai          2,33
C+
6
2,33 ˂  Nilai          2,66
B-
7
2,66 ˂   Nilai         3,00
B
8
3,00 ˂   Nilai         3,33
B+
9
3,33 ˂   Nilai         3,66
A-
10
3,66 ˂   Nilai         4,00
A


h.    Penghitungan Nilai Pengetahuan adalah dengan cara :
1.    Menggunakan skala nilai 0 sd 100.
2.    Menetapkan pembobotan dan rumus.
3.    Penetapan bobot nilai ditetapkan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan peserta didik.
4.    Nilai harian disarankan untuk diberi bobot lebih besar dari pada UTS dan UAS karena lebih mencerminkan perkembangan pencapaian kompetensi peserta didik.

5.    Rumus:
6.    Contoh : Pembobotan  2 : 1 : 1 untukNH : NUTS : NUAS  (jumlah perbandingan pembobotan = 4
Siswa A memperoleh nilai pada Mata Pelajaran Agama dan Budi pekerti sebagai berikut:
NH                  = 70,
NUTS             = 60,
NUAS             = 80
Nilai Rapor    = {(2x70)+(1x60)+(1x80)} : 4
= (140+60+80) : 4
= 280: 4
Nilai Rapor   = 70
Nilai Konversi           =  (70 :100)  x 4 = 2,8  = Baik
Deskripsi        = sudah menguasai seluruh kompetensi denganbaik namun masih perlu peningkatan dalam .... ( dilihat dari Nilai Harian yang kurang baik atau pengamatan dalam penilaian proses ).

2.    Penilaian Keterampilan
a.    Penilaian Keterampilan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik).
b.    Penilaian Keterampilandiperoleh melalui penilaian kinerja yang terdiri atas:
1.    NilaiPraktik
2.    Nilai Portofolio
3.    Nilai Proyek
c.    Penilaian Keterampilan dilakukan pada setiap akhir menyelesaikan satu KD.
d.    Penentuan Nilaiuntuk Kompetensi Keterampilanmenggunakan rentang nilai seperti penilaian Pengetahuan pada tabel 2
e.    Penghitungan Nilai Kompetensi Keterampilan adalah dengan cara:
1.    Menetapkan pembobotan dan rumus penghitungan
2.    Menggunakan skala nilai 0 sd 100.
3.    Pembobotan ditetapkan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan peserta didik.
4.    Nilai Praktik disarankan diberi bobot lebih besar dari pada Nilai Portofolio dan Proyek karena lebih mencerminkan proses perkembangan pencapaian kompetensi peserta didik.

5.    Rumus:           Jumlah Nilai (Praktik, Portofolio, Projek)   X 4
                                                Jumlah nilai maksimal



6.    Contoh Penghitungan
Pembobotan  2 : 1 : 1 untuk Nilai Praktik : Nilai Portofolio : Nilai Proyek (jumlah perbandingan pembobotan = 4
Siswa A memperoleh nilai pada Mata Pelajaran Agama dan Budi    pekerti sebagai berikut :
Nilai Praktik               =  80
Nilai Portofolio          =  75
Nilai Proyek              =  80
            Nilai Rapor                = (2x800 + (1x75) + (1x80) X 4
400
            = (160+75+80)  X 4
400
Nilai Rapor                = (315:400) X 4
Nilai Konversi           = 3,15 = B+
            Deskripsi                  =  sudah baik dalam mengerjakan praktik dan proyek, namun masih perlu ditingkatkan kedisiplinan merapikan       tugas-  tugas dalam satu portofolio.



3.    Penilaian Sikap
a.    Penilaian Sikap (spiritual dan sosial) dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik)
b.    Penilaian Sikapdiperoleh menggunakan instrumen:
1.    Penilaian observasi         
2.    Penilaian diri sendiri
3.    Penilaian antar peserta didik
4.    Jurnal catatan guru
c.    Nilai Observasi diperoleh dari hasil Pengamatan terhadap Proses sikap tertentu pada sepanjang proses  pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD)
d.    Untuk penilaian Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1danKI-2) menggunakan nilai Kualitatif seperti pada tabel 3 sebagai berikut:
e.    Tabel 3 : Rentang Nilai Kompetensi Sikap
No.
Nilai
Predikat
Nilai Sikap
1
0,00   ˂    Nilai          1,00
D

KURANG
2
1,00   ˂    Nilai         1,33
D+
3
1,33   ˂    Nilai         1,66
C-.

CUKUP
4
1,66   ˂    Nilai         2,00
C
5
2,00   ˂    Nilai         2,33
C+
6
2,33   ˂    Nilai       2,66
B-

BAIK
7
2,66   ˂    Nilai         3,00
B
8
3,00   ˂    Nilai         3,33
B+
9
3,33   ˂    Nilai         3,66
A-
SANGAT BAIK
10
3,66   ˂    Nilai         4,00
A


f.     Penghitungan Nilai Sikap adalah dengan cara :
1.    menentukan Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 - 4, contoh :
a.    = sangatkurang;
b.    = kurangkonsisten;
c.    = mulaikonsisten;
d.    = konsisten;

2.    Menetapkan pembobotan dan rumus penghitungan
3.    Pembobotan ditetapkan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan peserta didik
4.    Nilai Proses atau Nilai Observasi disarankan diberi bobot lebih besar dari pada Penilaian Diri Sendiri, Nilai Antarteman, dan Nilai Jurnal Guru karena lebih lebih mencerminkan proses perkembangan perilaku peserta didik yang otentik.
5.    Contoh : Pembobotan  2 : 1 : 1 : 1 untuk Nilai Observasi : Nilai Penilaian Diri Sendiri : Nilai Antarteman : Nilai Jurnal Guru (jumlah perbandingan pembobotan = 5.
6.    Rumus penghitungan:

Jumlah nilai (Observasi,diri sendiri,antar teman,jurnal)
--------------------------------------------------------------------                  x 4
Jumlah Nilai maksimal


Siswa A dalam mata pelajaran Agama dan Budi Pekerti memperoleh :
Nilai Observasi                    =  4
Nilai diri sendiri                   =  3
Nilai antarpeserta didik      =  3
Nilai Jurnal                           =  4
Nilai Rapor                           = {(2x4)+(1x3)+(1x3)+(1x4)} : 20 x 4   
                                               = (18:20) x 4 = 3, 6
Nilai Konversi                      = 3,6 =  Sangat Baik
Deskripsi                               = Memiliki sikap SangatBaikselama dalam proses pembelajaran,.


4.    KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
a.    KKM ditentukan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan : karakteristik kompetensi dasar, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.
b.    KKM tidak dicantumkan dalam  buku hasil belajar, melainkan pada buku penilaian guru.
c.    Peserta didik yang sudah mencapai atau melampaui KKM, diberi program Pengayaan.
d.    Keterangan ketuntasan :
1.    Kompetensi pengetahuan dan keterampilan dinyatakan tuntas apabila mencapai nilai 2.66
2.    Kompetensi sikap spiritual dan sosial dinyatakan tuntas apabila mencapai nilai Baik
e.    Implikasi dari ketuntasan belajar tersebut adalah sebagai berikut.
1.    Untuk KD pada KI-3 dan KI-4: diberikan remedial individual sesuaidengankebutuhankepadapesertadidik yang memperolehnilaikurangdari 2.66;
2.    Untuk KD pada KI-3 dan KI-4: diberikankesempatanuntukmelanjutkanpelajarannyake KD berikutnyakepadapesertadidik yang memperolehnilai 2.66 ataulebihdari 2.66; dan
3.    Untuk KD pada KI-3 dan KI-4: diadakan remedial klasikalsesuaidengankebutuhanapabilalebihdari 75% pesertadidikmemperolehnilaikurangdari 2.66.
4.    Untuk KD pada KI-1 dan KI-2, pembinaanterhadappesertadidik yang secaraumumprofilsikapnyabelumberkategoribaikdilakukansecaraholistik (paling tidakoleh guru matapelajaran, guru BK, dan orang tua).
f.     Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas apabila terdapat minimal salah satu kompetensi dari tiga mata pelajaran tidak tuntas.

C. PETUNJUK TEKNIS PENGISIAN RAPOR SMP
1.    Buku laporan hasil belajar diisi dengan tulisan yang rapi dan jelas.
2.    Nama peserta didik di halaman judul, data Satuan Pendidikan di lembar 1, dan peserta didik siswa di lembar 2 ditulis menggunakan huruf kapital yang jelas dan rapi.
3.    Lembar 2 yang berisi data peserta didik, dilengkapi dengan foto peserta didik terbaru berukuran 3 x 4.
4.    Lembar CAPAIAN kompetensi semester 1 diisi dengan:
a.    Identitas Satuan Pendidikan dan identitas peserta didik.
b.    Pada kolom Pengetahuan dan Keterampilan didisi dengan perolehan nilai dari tiap guru mata pelajaran yang berupa angka Predikat D sd A.
c.    seperti pada Tabel2
5.    Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI1 dan KI2), dalam kolom Mapel diisi dengan predikat seperti pada Tabel 3
SB      =  Sangat Baik       
B         =  Baik                     
C         =  Cukup                 
K         =  Kurang   
6.    Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI1 dan KI2) antarmapel diisi dengan deskripsi kesimpulan dari sikap peserta didik secara keseluruhan dalam mata pelajaran. Kesimpulan tersebut diperoleh melalui koordinasi bersama dengan guru mata pelajaran pada kelas yang sama (lihat contoh dalam lampiran).



CONTOH PENGISIAN

Nama Sekolah         :  _______________   Kelas                   :  ______________
Alamat                      :  _______________   Semester            :  1 (Satu)
Nama                       :  _______________   Tahun Pelajaran :  ___________
Nomor Induk/NISN  :  _______________                              

CAPAIAN

MATA PELAJARAN
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1dan KI 2)

(KI 3)
(KI 4)
Mata Pelajaran
Antar-



Mata Pelajaran

Kelompok A






1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
A
A-
SB
 Faris menunjukkan sikap konsisten dan sungguh-sungguh dalam menerapkan sikap spiritual, jujur , dan  kerjasama, terutama dalam mapel Pendidikan Agama dan Budi pekerti, Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
A-
B+
B

3
Bahasa Indonesia
A
A
SB

4
Matematika
A-
B
B

5
Ilmu Pengetahuan Alam
B+
B+
B

6
Ilmu Pengetahuan Sosial
B
B
B

7
Bahasa Inggris
A-
A-
SB

Kelompok B




1
Seni Budaya
B+
B+
B

2
Pendidikan Jasmani,Olah Raga,dan Kesehatan
A
A
SB

3
Prakarya
B-
C
B






Kegiatan ekstrakurikuler diisi dengan nilai kualitatif (A = sangat memuaskan,B = memuaskan,C = cukup memuaskan, dan K = kurang memuaskan) dilengkapi dengan keterangan nilai masing-masing ekstra kurikuler. Nilai dan keterangan kegiatan ekstra kurikuler diperoleh dari guru pembina/pelatih ekstrakurikuler.
Contoh :
Tabel 4 : contoh Pengisisan Capaian Nilai Ekstrakurikuler
Kegiatan Ekstrakurikuler
Nilai
Keterangan
Praja Muda Karana
A


Sangat Memuaskan. Juara LT I tingkat Provinsi
2.Usaha Kesehatan  Sekolah (UKS)
B
Memuaskan, aktif dalam setiap kegiatan


Kolom ketidakhadiran diisi dengan rekap kehadiran peserta didik (sakit, izin, dan tanpa keterangan) .
Contoh:

Tabel 5 : Contoh pengisisan kolom ketidakhadiran

Ketidakhadiran




Sakit                      : 1  hari
Izin                       : -   hari
Tanpa Keterangan  : -   hari


Lembar catatan deskripsi kompetensi mata pelajaran diisi dengan :
a.    Identitas Satuan Pendidikan dan identitas peserta didik.
b.    Catatan deskripsi pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual, dan sikap sosial tiap mata pelajaran diperoleh dari guru mata pelajaran.
c.    Catatan deskripsi Pengetahuan, Keterampilan, sikap spiritual, dan sosial tiap mata pelajaran ditulis dengan jelas dan rapi.
d.    Contoh pengisisan lembar catatan deskripsi :

No.
Mata Pelajaran
Kompetensi
Catatan

Kelompok A.

7..
Bahasa Inggris
Pengetahuan
Sangat Baik, sudah memahami seluruh kompetensi, terutama dalam memahami tujuan,  dan susunan teks namun perlu lebih teliti dalam menggunakan unsur kebahasaan yang baik dan benar

Keterampilan
Sudah terampil dalam menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari, namun perlu lebih berani lagi dan percaya diri

Sikap Spiritual dan Sosial
Sudah konsisten menunjukkan sikap  beriman bertaqwa, jujur, disiplin, kerjasama namun perlu peningkatan rasa percaya diri.


Kelompok B

2
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Pengetahuan
Sudah memahami semua konsep keterampilan, kecuali

konsepgayahidupsehatuntukmencegahberbagaipenyakit. Perlulebihdisiplindalammemahamikonsepgayahidupsehat..

Keterampilan
Sudah menguasai permainan dan olah raga, terutama mempraktikkan teknik dasar Dapat diikutsertakan dalam lomba OSN tingkat kota.

Sikap Spiritual dan Sosial
Sudah menunjukan usaha maksimal dalam setiap aktivitas gerak jasmani, sportif dalam bermain, perlu peningkatan dalam menghargai perbedaan. perlu terus dikembangkan sikap  , sportif dalam bermain danmenghargai perbedaan




Teknik pegisian lembar penilaian laporan hasil belajar semester 2 (dua) sama dengan teknik pengisian lembar penilaian laporan hasil belajar semester 1 (satu).
Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh Satuan Pendidikan, dengan ketentuan minimal sebagai berikut :
a.    Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.
b.    Mencapai tingkat kompetensi yang dipersyaratkan, minimal sama dengan KKM.
c.    Mencapai nilai sikap untuk semua mata pelajaran minimal baik.
d.    Tidak terdapat nilai kurang dari KKM maksimal pada tiga mata pelajaran.
e.    Ketidakhadiran siswa tanpa keterangan maksimal 15 % dari jumlah hari efektif.
Keterangan pindah/keluar Satuan Pendidikan diisi dengan:
a.    Tanggal ditetapkannya keluar dari Satuan Pendidikan.
b.    kelas yang ditinggalkan pada saat keluar dari Satuan Pendidikan.
c.    Alasan keluar dari Satuan Pendidikan.
d.    Tanggal penandatanganan pengesahan oleh Kepala Sekolah dan tanda tangan kepala sekolah dibubuhi stempel.
e.    Pengesahan kepindahan keluar Satuan Pendidikan dikuatkan dengan tanda tangan orang tua/wali peserta didik.
Keterangan pindah/masuk satuan pendidikan diisi dengan :
a.    Nama peserta didik yang masuk ditulis dengan huruf kapital.
b.    Identitas peserta didik ditulis apabila pindah masuk ke sekolah baru (mutasi dari luar ke dalam Satuan Pendidikan).
c.    Tanggal penandatanganan pengesahan oleh Kepala Sekolah dan tanda tangan kepala sekolah dibubuhi stempel.
d.    Pengesahan kepindahan keluar Satuan Pendidikan dikuatkan dengan tanda tangan orang tua/wali peserta didik.
Catatan prestasi yang pernah dicapai diisi dengan :
a.    Identitas peserta didik.
b.    catatan prestasi yang menonjol pada bidang kurikuler (akademik), ekstrakurikuler (nonakademik), dan catatan khusus lainnya yang berhubungan dengan sikap serta hal-hal yang selain kurikuler dan ekstrakurikuler (misalnya memenangkan kejuaraan dalam ajang pencarian bakat, dan sebagainya).

ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas