"Belajar IPS Lewat Internet"

Cara Mengenali, Tips Memilih Caleg Pemilu 2014



Bagaikan “Membeli Kucing Dalam Karung”
Teringat peribahasa yang diajarkan pak guru saat di SD apa di SMP dulu; yang artinya membeli barang yang kita tidak jelas atau sama sekali tidak tahu kualitasnya. Begitulah pikiran saya dalam menghadapi dan menyalurkan suara pada Pemilu Legislatif 09 April 2014 ini. (Tentu bagi orang lain tidak sama ya..., Ini hanya saya saja lho...... yang makin bingung memilih).

Pasalnya pada tatacara memilih caleg dalam Pemilu 2014 ini hanya tertera “Nama Caleg” saja, tak ada “gambar/photo caleg”. Padahal gambar/photo caleg dapat menginformasikan data diri/pribadi caleg tsb tentang:

1.    apakah orang itu sering muncul di tv/koran/majalah atau media lain.
2.    apakah kemunculannya di media massa karena kehebatannya, prestasinya, kebaikannya atau keseriusannya membela kepentingan rakyat dengan issu program yang ditawarkan
3.    atau apakah kemunculannya di media karena terlibat dugaan korupsi, atau sering ngantuk saat rapat-rapat, atau sering bolos rapat, atau, atau, atau lainnya

Begitu pula maraknya pemberitaan di media yang menilai kinerja anggota DPR 2009-2014 membuat semakin bingung dalam menentukan pilihanyya,  seperti salah satunya sbb:

Terhitung, lebih dari 90 persen anggota DPR periode 2009-2014 kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR pada pemilu 9 April 2014 mendatang. Padahal kinerja mereka selama 5 tahun berkiprah di Senayan, dinilai buruk dan menjadi sorotan banyak publik. Antara lain kerap bolos hingga tertidur saat sidang, atau bahkan membuka situs porno di tengah sidang DPR.
Sumber: http://news.liputan6.com/read/2032910/video-berakhirnya-penggalangan-massa-parpol#sthash.CKTc4g3k.dpuf

Namun ada beberapa Tips cara mengenali dan memilih caleg pada Pemilu 2014 yang dirangkum dari beberapa media diantaranya adalah :

1.    Cari tahu identitas Caleg dengan mengunjungi situs Kepoin Caleg http://www.ayovote.com/kepoin-caleg/ atau Klik Di Sini atau Di Sini untuk mengenali para caleg.
2.    Caleg Wajah Lama biasanya berada di urutan atas, paling tidak separuh urutan atas
3.    Caleg Wajah Baru biasanya berada di urutan bawah atau separuh urutan bawah
4.    Pilih Caleg yang bakal bisa mendukung Calon Presiden-mu, biar negara ini gak ribet terusss
5.    Cari informasi lain sebanyak-banyaknya
6.    Ajak teman ke TPS biar seru, gak asyik kan kalo sendirian ke TPS

Meskipun mendapat penjelasan seperti di atas, masih saja saya tak begitu faham dengan para Caleg khususnya Caleg DPR RI. Jadi pada 09 April 2014 nanti datang ke TPS, asal coblos aja ya...., daripada golput. Terserah mereka-mereka yang akan mengatur negara ini.... hahaha

Akhirnya saya pun berdoa semoga tepat dalam menentukan pilihan dan jangan sampai “Bagaikan Membeli Kucing Dalam Karung”

ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas