"Belajar IPS Lewat Internet"

Penjelajahan Samudra

Penjelajahan Samudra dan Kedatangan Bangsa Barat di Indonesia

Penjelajahan Samudera adalah zaman dimana bangsa-bangsa Eropa melakukan perjalanan keliling dunia mengarungi lautan dengan tujuan utama mencari tempat pusat rempah-rempah dengan harapan mendapatkan harga yang murah. Era ini sekitar abad ke 15 - 17

Sebelum era penjelajahan samudera para pedagang dari Eropa membawa / mendapat rempah-rempah dan sutera dari Laut Tengah. Dari Laut Tengah komoditas tersebut dibawa ke Venesia atau Genoa oleh para pedagang Portugis dan Spanyol. Dari Lisabon rempah-rempah dibawa ke Eropa Utara oleh para pedagang Inggris dan Belanda.

Selama berlangsungnya Perang Salib 1096-1291 (dan sesudahnya) perdagangan di Laut Tengah tak ramai lagi, para pedagang eropa tak dapat leluasa lagi. Terutama setelah jatuhnya kota Konstantinopel (Byzantium) pada tahun 1453 ke tangan Turki Usmani, perdagangan antara orang Eropa dan Asia terputus. Sultan Mahmud II, penguasa Turki mempersulit pedagang Eropa beroperasi di daerah kekuasannya.

Dalam menghadapi krisis perdagangan rempah-rempah, bangsa eropa berusaha keras mencari sumbernya dengan melakukan penjelajahan samudra.


Faktor Pendorong Terjadinya Penjelajahan Samudra

a.    Semangat  reconguesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di mana pun yang dijumpainya sebagai tindak lanjut dari Perang Salib.

b.    Semangat  gospel, yaitu  semangat untuk menyebarkan agama Nasrani.

c.    Semangat glory, yaitu semangat memperoleh kejayaan atau daerah jajahan.

d.    Semangat gold, yaitu semangat untuk mencari kekayaan/emas.

e.    Perkembangan teknologi  kemaritiman  yang memungkinkan  pelayaran dan perdagangan yang lebih luas, termasuk menyeberangi Samudra Atlantik.

f.     Adanya  sarana pendukung  seperti kompas, teropong, mesiu, dan peta yang menggambarkan secara lengkap dan akurat garis pantai, terusan, dan pelabuhan.

g.    Adanya buku Imago Mundi  yang menceritakan perjalanan Marco Polo (1271-1292).

h.    Perjalanan Ordoric da Pardenone menuju Campa yang sempat singgah di Jawa pada abad ke-14. Ordoric melaporkan sekilas mengenai kebesaran Majapahit.

i.     Penemuan Copernicus yang didukung  oleh Galileo yang menyatakan bahwa bumi itu bulat seperti bola, matahari merupakan pusat dari seluruh benda-benda antariksa. Bumi dan benda- benda antariksa lainnya beredar mengelilingi matahari (teori Heliosentris).

Negara-negara yang terkenal  mempelopori penjelajahan samudra adalah Portugis, Spanyol,  Inggris dan, Belanda,

Sumber     :  Buku IPS untuk SMP/MTs Kelas VIII
Penulis     :  Sanusi Fattah Amin Hidayat Juli Waskito, Moh. Taukit Setyawan

ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas