Penilaian Kinerja Guru (PKG)
akan dimulai bulan Januari 2013, oleh karena itu seluruh guru terutama guru
yayasan dan guru PNS segera mempersiapkan diri dalam pelaksanaan penilaian
tersebut. Penilaian ini juga berdampak pada Penetapan Angka Kredit (PAK), Kenaikan Pangkat dan Tunjangan
Sertifikasi Guru.
Ada sebanyak 14 indikator kinerja baik
dalam mempersiapkan program dan pelaksanaan program pembelajaran. Berikut ini
dapat dilihat Rubrik Penilaian Kinerja Guru yang diterbitkan Badan Standar
Nasional pendidikan (BSNP) Indonesia
RUBRIK
PENILAIAN KINERJA GURU
PETUNJUK
1. Kumpulkan dokumen perangkat
pembelajaran dari guru sebelum pengamatan pembelajaran, cacatan hasil pengamatan selama dan
sesudah pembelajaran, serta cacatan kemajuan
dan hasil belajar peserta didik.
2. Baca dengan cermat butir penilaian
kinerja dan rubrik penilaian dan selanjutnya bandingkan hasil analisis dokumen
sebelum pengamatan pembelajaran, cacatan
hasil pengamatan selama dan sesudah
pembelajaran, serta cacatan kemajuan dan hasil belajar peserta didik,
untuk menetapkan butir penilian kinerja terpenuhi atau tidak.
3. Jika masing-masing butirdalam rubrik penilaian terpenuhi secara utuh, maka
nyatakan dengan YA dengan memberi tanda (√) dan jika masing-masing butir
pernyataan tersebut hanya sebagian atau tidak utuh terpenuhi maka nyatakan
dengan TIDAK dengan memberi tanda (√).
I. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1. Indikator Kinerja 1.1: Guru memformulasikan tujuan
pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan
karakteristik peserta didik.
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur
Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Tujuan pembelajaran dirumuskan dan
dikembangkan berdasarkan SK/KD yang akan dicapai.
|
a. Tujuan
pembelajaran yang dirumuskan di RPP telah mencakup semua indikator
ketercapaian hasil belajar.
|
b.
Tujuan pembelajaran memuat gambaran proses dan hasil belajar yang dapat
dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya
|
b. Tujuan pembelajaran
dalam RPP dirumuskan dengan kata kerja yang jelas (tidak menimbulkan
penafsiran ganda), dapat dikerjakan (peserta didik dapat melakukannya) dan
terukur (dapat dinilai hasilnya baik secara tertulis, lisan maupun bentuk
hasil kerja peserta didik lainnya
|
c.
Tujuan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik
|
c. Tujuan
pembelajaran di RPP dijenjangkan sesuai dengan tingkat an kelas
|
2. Indikator 1.2 Guru
menyusun bahan ajar secara runut, logis,
kontekstual dan mutakhir.
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Bahan ajar disusun dari yang sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau
konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan pembelajaran
|
a.
Bahan ajar disusun dari yang sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau
konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan pembelajaran
|
b.
Keluasan dan kedalaman bahan ajar disusun dengan memperhatikan potensi
peserta didik (termasuk yang cepat dan lambat,motivasi tinggi dan rendah)
|
b.
Keluasan dan kedalaman bahan ajar disusun dengan memperhatikan potensi
peserta didik, misalnya peserta didik
yang belajarnya cepat atau lambat, peserta didik yang memiliki motivasi
tinggi dan rendah
|
c.
Bahan ajar dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu
pengetahuan dan teknologi.
|
c.
Bahan ajar dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu
pengetahuan dan teknologi.
|
d.
Bahan ajar dirancang dengan menggunakan sumber yang
bervariasi (tidak hanya buku pegangan peserta didik)
|
d.
Bahan ajar dirancang dengan menggunakan sumber yang
bervariasi aatau guru mengajar tidak hanya menggunakan buku pegangan peserta
didik tetapi juga sumber-sumber lain yang relevan
|
3. Indikator
Kinerja 1.3: Guru
merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai /kompetensi harus dikuasai peserta didik.
|
a.
Strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai /kompetensi harus dikuasai peserta didik.
|
b.
Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman
peserta didik
|
b.
Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman
peserta didik
|
c.
Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat
perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
|
c.
Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat
perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
|
d.
Setiap tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional dengan
memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar peserta didik.
|
d. Setiap
tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional dengan
memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar peserta didik
|
4. Indikator
Kinerja 1.4: Guru memilih
sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi
pembelajaran
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih dapat dipakai untuk mencapai
tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai (misalnya buku, modul
untuk kompetensi kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensi
keterampilan).
|
a.
Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih (misalnya buku, modul untuk
kompetensi kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensi
keterampilan)dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi
yang ingin dicapai.
|
b.
Sumber belajar/media pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan
pemahaman peserta didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung
matematika, lampu senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses
terjadinya gerhana).
|
b.
Sumber belajar/media pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan
pemahaman peserta didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung
matematika, lampu senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses
terjadinya gerhana).
|
c.
Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat
perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
|
c. Sumber belajar/media pembelajaran yang
dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor
peserta didik.
|
II. PELAKSANAANKEGIATAN PEMBELAJARAN YANG
AKTIF DAN EFEKTIF
5. Indikator
Kinerja 2.1: Kemampuan
Memulai Pembelajaran yang Efektif Membuka Proses Pembelajaran
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Melakukan apersepsi
|
a.
mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan
pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya (termasuk kemampuanprasyarat), mengajukan pertanyaan
menantang, menyampaikanmanfaat materi pembelajaran, mendemonstrasikan
sesuatuyang terkait dengan materi pembelajaran
|
b.
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan
|
b. menyampaikan
kemampuan yang akan dicapai dengan bahasa peserta didik, misalnya dengan mengatakan bahwa
setelahpembelajaran selesai siswa dapat menjelaskan faktor-faktorpenyebab
gempa bumi. Rencana kegiatan misalnya, individual,kerja kelompok, dan
melakukan observasi
|
6. Indikator Kinerja 2.2: Penguasaan Materi Pelajaran
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan
pembelajaran, catatan hasil wawancara dengan guru, dsb.
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.
|
a.
materi yang disampaikan sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang dirumuskan dalam RPP
|
b. materi yang
disampaikan dikaitkan dengan bidang studi lainnya, misalnya mengaitkan
aristmatik (operasi bilangan)dengan
IPS (transaksi ekonomi).
|
|
c.
Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.
|
c. materi ajar
sesuai dengan topik yang dibahas
|
d.
Kemampuan menyajikan materi secara sistematis
(mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
d. materi disampaikan secara sistematis
(mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak
|
7. Indikator
Kinerja 2.3: Pendekatan/Strategi pembelajaran
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran,
catatan hasil wawancara dengan peserta didik, dsb.
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
|
a.
materi, strategi dan kegiatan belajar sesuai dengan
kompetensi yang akan dicapai
(kognitif, psikomotor, dan afektif)
|
b.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
|
b.
Materi disajikan sistematis dengan menggunakan stragi
pembelajaran yang tepat
|
c.
Menguasai kelas
|
c.
Perhatian peserta didik terfokus pada belajar,
disiplin kelas terpelihara, dan kelas terkendali
|
d.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
d.
materi ajar disampaikansesuai dengan kondisi
kehidupan nyata dan memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari peserta
didik
|
e.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant
effect)
|
e.
kegiatan belajar dapat mendorong kebiasaan
peserta didik untuk bekerjasama, saling menghargai, bertanggung-jawab
berpikir kritis, dsb.
|
f.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
f.
pembelajaran dimulai dan diakhiri sesuai dengan alokasi waktu yang disediakan
|
8. Indikator
Kinerja 2.3: Pemanfaatan
sumber belajar /media pembelajaran
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan
pembelajaran, hasil wawancara dengan siswa, dsb
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran
|
a.
guru terampil memanfaatkan lingkungan dan
sumber belajar lainnya serta dapat menggunakan media pembelajaran (alat
laboratorium, TIK, media lainnya)
untuk mencapai target sesuai dengan alokasi waktu
|
b.
Menghasilkan pesan yang menarik
|
b.
media yang digunakan dapat menusatkan
perhatian peserta didik, sehingga pesan dapat ditangkap dengan jelas
|
c.
Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media
pembelajaran
|
c. peserta didik
dilibatkan dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
|
9. Indikator
Kinerja 2.4: Pembelajaran
yang memicu dan memelihara keterlibatan
siswa
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamtan
pembelajaran
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber
belajar
|
a.
kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan
mendorong interaksi aktif antara guru dengan peserta didik antar peserta
didik secara mental, emosional, maupun fisik
|
b.
Merespon positif partisipasi siswa
|
b.
guru merespon positif terhadap aktifitas
peserta didik (misalnya memberikan pujian, meminta peserta didik lain untuk
menanggapi peserta didik lain, menegur yang melanggar disipilin tanpa harus
merendah harga diri yang ditegur, dsb)
|
c.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa
|
c.
guru menghargai pendapat peserta didik,
mengakui kebenaran dan mengakui keterbatasan diri peserta didik
|
d.
Menunjukkan hubungan antarpribadi yang kondusif
|
d.
menunjuk sikap ramah, luwes, hangat,
sopan, menghargai keragaman budaya dan
latar belakang peserta didik
|
e.
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
|
e. suasana belajar
yang menyenang dan menarik
|
10. Indikator
Kinerja 2.4: Penggunaan
bahasa
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan
pembelajaran, dsb
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
a.
bahasa lisan yang digunakan guru mudah,jelas
dan tidak menimbulkan salah tafsir serta dapat dimengerti oleh peserta didik
sesuai tingkat perkembangannya
|
b.
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
|
b.
bahasan tulisan (misalnya RKS, soal, modul, dsb) yang digunakan memenuhi kaidah bahasa yang benar,
mudah,jelas dan tidak menimbulkan salah tafsir serta dapat dimengerti oleh
peserta didik sesuai tingkat perkembangannya
|
c.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
|
c. informasi
disampaikan dengan ekspresi wajah, intonasi suara, gerak tubuh sesuai dengan
pesan yang disampaikan
|
11. Indikator
Kinerja 2.5: Kemampuan
Mengakhiri Pembelajaran yang Efektif
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan
pembelajaran, dsb
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
a.
guru mengajak siswa mengingat kembali hal-hal
penting yang sudah terjadi dalam kegiatan belajar (misalnya mengajukan
pertanyaan tentang proses, materi dan kejadian lainnya) dan menfasilitasi
peserta didik dalam membuat rangkuman
|
b.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau
tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
|
b. memberikan
kegiatan/tugas khusus bagi peserta didik yang belum dan telah mencapai
kompetensi (misalnya dalam bentuk latihan, bantuan belajar, tugas khusus
sebagai tutor sebaya, dsb)
|
III. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
12. Indikator
Kinerja 3.1: Guru merancang
alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian
dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil wawancara dengan guru, dsb.
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a. Kesesuaian
teknik dan jenis penilaian (tes lisan, tes tertulis, tes perbuatan) sesuai
dengan tujuan pembelajaran.
|
a. apakah jenis
dan teknik penilai yang direncanakan dalam RPP sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
|
b. Alat tes dirancang
untuk dapat mengukur kemajuan belajar peserta didik dari aspek kognitif,
afektif dan/atau psikomotorik.
|
b. apakah alat tes
yang dikembangkan dapat mengukur
kemajuan belajar peserta didik dari berbagai aspek kognitif, psikomotor dan
afektif
|
c.
Rancangan penilaian portofolio peserta didik
minimal 1 kali per semester
|
c. apakah guru
merancang penilaian portofolio dalam bentuk pemberian tugas terstruktur
(misalnya menulis resensi buku, membuat laporan kerja lapangan/studi banding,
penelitian kecil, tugas proyek, dsb)
|
d.
Hasil analisis penilaian sebelumnya (UH, UAS,
UN) digunakan untuk keperluan program
perbaikan (remedial, pengayaan,
dan/atau menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran)
|
d. apakah guru
melakukan analisis hasil penilaian (lihat hasil analisisnya) dan
menggunakannya untuk penyempurnaan rancangan dan/atau pelaksanaan
pembelajaran.
Catatan: masing-masing
pernyataan tersebut di atas dapat juga didiskusikan kepada guru
|
13. Indikator
Kinerja 3.1: Guru
menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP.
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian
dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a. Menggunakan
teknik penilaian otentik (kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb.)
untuk memantau kemajuan belajar peserta didik.
|
a. apakah selama
proses pembelajaran guru melaksanakan aktifitas penilaian proses untuk
mengukur kemajuan belajar dengan menggunakan berbagai teknik penilaian (misalnya kuis, pertanyaan lisan, pemberian
tugas, dsb)
|
b. Menggunakan teknik
penilaian (ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester) disusun
untuk mengukur hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif, afektif
dan/atau psikomotor.
|
b. apakah diakhir
pembelajaran guru melaksanakan aktifitas penilaian berkala untuk mengukur
hasil belajar dengan menggunakan berbagai teknik penilaian (misalnya ulangan harian, tengah semester,
dan ulangan semester)
|
c. Menerapkan
penilaian portofolio dalam bentuk tugas terstruktur
|
c. apakah guru
melaksanakan penilaian portofolio peserta didik yang dibuktikan dengan hasil
tugas-tugas terstruktur (misalnya resensi buku, laporan kerja lapangan/studi
banding, laporan pelaksanaan penelitian kecil, laporan tugas proyek, dsb)
|
d.
Menggunakan alat penilaian yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran dan materi ajar sebagaimana disusun dalam RPP.
|
d. apakah alat dan
teknik pelaksanaan penilaian tersebut di atas sesuai dengan materi dan dapat
mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
|
14. Indikator
Kinerja 3.1: Guru
memanfatkan berbagai hasil penilaian
untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya
dan bahan penyusunan rancangan
pembelajaran selanjutnya
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian
dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil wawancara dengan peserta didik, orang tua dan mungkin
kolega, rencana dan program pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan,
sertifikat pelaksanaan keprofesian berkelanjutan, dsb
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a. Menggunakan
hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang
mudah, sedang dan sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan
masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
|
a. apakah guru
melakukan dan memiliki hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi
topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang dan sulit untuk kegiatan remedial
dan pengayaan
|
b. Menggunakan hasil
penilaian untuk menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran
|
b. apakah hasil
penilaian digunakan guru dalam penyempurnakan rancangan dan pelaksanaan
pembelajaran (diskusikan dan minta guru
menjelaskannya dengan menggunakan RPP)
|
c. Melaporkan
kemajuan dan hasil belajar peserta didik kepada orang tua, teman guru dan
bagi peserta didik sebagai refleksi belajarnya
|
c. apakah guru
memiliki catatan kemajuan dan hasil belajar peserta didik dan catatan hasil
diskusiorang tua dan teman sejawat. Guru juga mengembalikan hasil hasil penilaian
yang telah diberikan komentar kepada peserta didik sebagai refleksi (dapat
dilakukan melalui wawancara dengan peserta didik, orang tua, dan teman
sejawat serta menunjukkan hasil tes yang telah dikoreksi dan diberikan
komentar)
|
d. Memanfaatkan hasil
penilaian secara efektif untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan,
tantangan dan masalah potensial untuk peningkatan keprofesian dalam menunjang
proses pembelajaran
|
d. guru dapat
membuktikan kegiatan pengembangan keprofesian yang telah diikutinya didasarkan pada hasil penilaian
belajar peserta didik.
|
Sumber
: BSNP - Badan Standar Nasional pendidikan Indonesia
ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas