"Belajar IPS Lewat Internet"

3.1.2. Macam-macam Kebutuhan Manusia


Kebutuhan adalah keinginan manusia yang menuntut untuk dipenuhi yang sifatnya tidak terbatas


Faktor yang mempengaruhi manusia dalam memenuhi kebutuhan

A.   Faktor Intern:

1.    Pekerjaan/profesi – contoh,  petani membutuhkan cangkul, dokter membutuhkan alat suntik
2.    Jenis kelamin --- contoh, perempuan membutuhkan alat kosmetik
3.    Usia --- contoh, anak muda membutuhkan parfum, orang tua membutuhkan remason, balsem
4.    Tingkat pendidikan  ---- semakin tinggi pendidikan seamakin banyak kebutuhannya, contoh-laptop, HP, buku dll.
5.    Perasaan tidak puas – ada yang punya motor citul sudah marem, tetapi ada yang sdh punya motor Mega Pro belum puas masih pingi punya mobil
6.    Sikap dan gaya hidup --- ada orang yang sederhana adapula yang dugem/glamour
7.    Selera --- selera manusia selalu berbeda
8.    Pendapatan ---- orang kaya berbeda kebutuhannya dengan orang miskin


B.   Faktor Ekstern

1.    Lingkungan tempat tinggal --- kebutuhan masyarakat desa berbeda dengan masyarakat kota
2.    Keadaan alam --- di daerah pegunungan membutuhkan selimut tebal, didaerah dataran rendah butuh kipas angin
3.    Agama /kepercayaan --- contoh, setiap pemeluk agama memiliki kebutuhan yang berbeda seperti,  bunga, sajadah, tempat ibadah dll
4.    Adat istiadat  ---- masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa yang berbeda pakaian adat, rumah adat dll
5.    Kebijakan pemerintah ----- ketika BBM naik masyarakaht berusaha menghemat pengeluaran/belanja rumah tangga
6.    Mode / Trend --- saat ini sedang demam K-Pop, anak-anak banyak yang beli kaset-kaset korea-n.
7.    Perkembangan zaman (Kemajuan teknologi dan kebudayaan) ---- sekara masyarakat sdh membutuhkan HP, Laptop, TV AC dll, sedangkan dulu belum dibutuhkan karena belum ada


Maca-macam kebutuhan manusia / Penggolongan kebutuhan manusia

1.    Kebutuhan menurut tingkat kepentingan/intensitas

1.    Kebutuhan primer/pokok/utama – mutlak harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup—contoh, makanan, minuman, pakaian, perumahan (sandang, pangan, papan)
2.    Kebutuhan Sekunder / pelengkap / kultural --- kebutuhan untuk melengkapi agar hidup menjadi mudah--- contoh, motor, sepeda, alat masak, alat sekolah dll
3.    Kebutuhan Tersier --- yaitu kebutuhan kemewahan – contoh, emas, berlian, mobil mewah, villa dll


2.    Kebutuhan menurut waktu

1.    Kebutuhan sekarang — kebutuhan yang harus dipenuhi saat itu juga --- contoh, sedang lapar membutuhkan makan dan minum.
2.    Kebutuhan Kelak (akan datang) --- contoh, menabung 


3.    Kebutuhan menurut subjek yang menggunakan

1.    Kebutuhan individu  --- kebutuhan perorangan
2.    Kebutuhan kolektif/bersama  --- contoh siskamling, angkutan umum, kegiatan pramuka, bola kaki dll


Alat pemuas kebutuhan

1.    Alat pemuas menurut  tingkat  ketersediaan-kelangkaan

1.    barang ekonomis --- yaitu barang yang jumlahnya terbatas --- contoh, makanan, pakaian dll
2.    Barang bebas --- barang yang jumlahnya sangat banyak ---contoh, air, udara sinar matahari dll, yang tdk pernah habis


2.    Alat pemuas menurut cara penggunaan

1.    Barang subsitusi / pengganti  --- contoh, gas LPG sebagai pengganti minyak tanah, gula aren sebagai pengganti gula pasir
2.    Barang Komplementer ---yaitu barang yang saling melengkapi--- contoh, sepeda motor dengan bensin, kopi dengan gula


3.    Alat pemuas menurut tujuan pemakaian

1.    Barang Konsumsi, yaitu barang yang langsung dapa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan ---- contoh, makanan, pakaian, dll
2.    Barang Modal, yaitu barang yang digunakan untuk menghasilkan barang lain --- contoh dasar kain digunakan pakaian, kayu/papan untuk lemari, kertas karton untuk membuat l;ukisan dll


4.    Alat pemuas menurut kegunaan

1.    Tepat Waktu, (time utility) --- barang berguna apabila digunakan pada waktu yang tepat ---contoh, mantel diwaktu hujan, obat diwaktu sakit, minum es diwaktu haus dll
2.    Tepat tempat (place utility) --- barang berguna apabila di tempat yang tepat --- contoh, batu dan pasir untuk membuat rumah, batu dan aspal untuk membuat jalan, pupuk untuk tanaman,
3.    Tepat Bentuk (form utility) --- barang berguna apabila sudah berubah bentuk yang pas --- contoh, papan berguna setelah menjadi meja, kain berguna setelah menjadi baju, kertas menjadi buku, kedelai menjadi tempe dll
4.    Tepat Milik (ownership utility) --- barang berguna apabila sudah menjadi miliknya ---- contoh, motor, mobil dapat berguna setelah dimiliki seseorang



ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas