"Belajar IPS Lewat Internet"

The Inspiring Award Mugniar's Note Blog Makasar untuk Campoeng Cmoneng


Hari ini 16 Maret 2012 aku menerima “The inspiring award” sebuah award persahabatan dari mbak Mugniar – admin Mugniar's Note Blog dari kota Makasar. sebuah blog yang selalu menulis artikel renungan, penting dalam kehidupan. Dari artikel-artikel-nya yang pernah saya baca menginsayaratkan  kepiawian, keramahan dan kecerdasan adminnya.

Makasar salah satu kota terbesar di Indonesia, berbagai suku bangsa menetap di kota ini, seperti suku Makassar, Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa. Makassar memiliki wilayah seluas 175,77 km² dan penduduk sebesar kurang lebih 1,4 juta jiwa.

Dulu kota ini disebut Ujung Pandang, ibu kota provinsi Sulawesi Selatan ini berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan. (wikipedia)

Belum pernah ke sana, namun saya punya kenangan yang masih melekat mengenai Makasar. Tahun 1998 sekitar + 200-an mahasiswa (STPDN, AKMIL darat, marinir, Udara, AKPOL, STKIP, UNMURA) beragabung dalam Lats Istarda. melakukan KKN di kampung kami. 50 orang diantaranya menginap di rumah kami selama + 2 bulan. Mereka berasal dari berbagai daerah Indonesia.

Sangat menarik anak-anak yang dari Makasar, mereka hampir saban malam menyempatkan ketemu dengan teman sedaerahnya. saling menyapa, apakah sudah makan, apakah sehat hari ini, dan banyak cerita menarik lain yang tak tertulis di sini, lalu dilanjutkan dengan main gitar dan nyanyi bersama.

Saya pun sering nimbrung dengan anak-anak muda itu. Dalam ingatan saya mereka berkesan familiar, ramah dan cerdas.

Mereka pun banyak cerita tentang objek wisata daerahnya; Pantai Barombong, Fort Rotterdam, Benteng Sombaopu, Makam Raja-Raja Tallo, dan yang paling terkenal Pantai Losari (ingat lagu Sumpah Benang Emas ???). Juga kuliner khas Makassar Coto Makassar, Roti Maros, Kue Tori,. Ada lagi yang paling khas; pisang epe (pisang bakar, dipenyet, dan dilumuri air gula merah) hmmm…….

“Theinspiring award” ini menggugah ingatan saya tentang Makasar. Terima kasih mbak Mugniar, saya berharap jalinan silaturahmi semakin erat. SALAM.

ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas