"Belajar IPS Lewat Internet"

Otodidak = autodidak = Belajar Sendiri

Otodidak atau autodidak menurut kamus bahasa Indonesia adalah “orang yg mendapat keahlian dengan belajar sendiri”

Sekarang ini di mana-mana banyak bermunculan tempat-tempat belajar, mulai dari sekolah formal Paud, TK, SD, SLTP, SLTA, PT negeri/swasta,  kursus-kursus, bimbel dan les privat, semuanya menawarkan kegiatan bimbingan belajar.

Ada pertanyaan yang muncul tiba-tiba “Masihkah dibutuhkan otodidak alias belajar sendiri???”.

Saat SMP, pak guru pernah bercerita tentang riwayat Adam Malik. Saya sendiri tidak paham dengan riwayat hidup tokoh tersebut, yang saya ingat dari cerita itu adalah Adam Malik terkenal karena selain menjabat Menlu RI, beliau juga turut memprakarsai pendirian  ASEAN  pada 8 Agustus 1967. dan yang paling menarik konon katanya bisa pintar/pandai karena belajar sendiri (otodidak).

Pulang sekolah, di rumah saya melihat dua anak kambing yang baru lahir belajar tegak sendiri, belajar jalan sendiri. begitu juga banyak anak-anak seusia saya belajar naik sepeda sendiri, lalu saya hubung-hubungakan dengan otodidak seperti certita pak guru tersebut.

Di lain waktu saya melihat anak-anak belajar gitar, piano, pencet-pencet  keypath HP, remot TV, computer dll, semua dengan kemauan sendiri secara otodidak.

Di sini saya tidak memberi kesimpulan bahwa otodidak itu penting atau tidak, baik atau butuk, dibutuhkan atau tidak, masih relevan dengan jaman atau tidak. Malah saya balik bertanya, untuk masa sekarang ini……

“Masihkah dibutuhkan otodidak alias belajar sendiri???”.

Dan berharap mendapat jawaban dari pembaca , saya yakin banyak diantara teman-teman yang memiliki pengalaman tentang otodidak atau autodidak ini.
TERIMA KASIH.



ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas