"Belajar IPS Lewat Internet"

Membuat Blog ringan loading, ringan dibuka, ringan diakses

Pada minggu-minggu terakhir ini telah sampai pada kesimpulan bahwa blog Campoeng Cmoneng berat loading, berat dibuka berat diakses. dikhawatirkan akan membuat pengunjung tidak nyaman.

Cepat-lambatnya loading ke sebuah situs/blog menurut pengalaman biasanya disebabkan beberapa hal, Dan yang menjadi acuan analisa ini, antara lain:

1.    Komputer / Laptop
    Analisa dengan menggunakan komputer butut saya (Pentium 4) untuk mengakses konten-konten Campoeng Cmoneng

2.    Koneksi signal seluler
    Koneksi seluler di kota-kota besar (kota provinsi) biasanya sangat kuat mencapai rata-rata 250 kbps, sedang analisa ini berdasarkan koneksi yang ada di kampung-kampung yang kenyataannya begitu lemot (20 – 50 kbps)

3.    Modem
    Analisa ini berdasarkan sembarang modem, karena saat ini hampir semua modem tergolong canggih dapat mengakses secepat-cepatnya. saya pernah mencoba di kota provinsi berwarna biru, sedang di kampung berwarna hijau, mungkin yang membedakan koneksi seluler.

4.    Pengguna internet
     Terutama Bagi seorang yang sudah bisa internetan sangat lihai mencermati, loading sebuah blog biasanya menggunakan limit waktu, mereka segera meng-utak-atik peralatannya ketika loading sangat lambat. Analisa ini berdasarkan pada anak-anak SMP atau orang tua yang baru belajar internetan, yang belum paham masalah ini

5.    Aplikasi browser
    Anak-anak atau orang tua yang baru belajar internetan jarang meng-update firefox, chrome  dll terbaru, apalagi menggunakan komputer lama.

Hasil temuan dan tindakan sangat sederhana yaitu disebabkan
1.  Widget, banyak widget yang bikin blog menjadi berat terutama yang bersifat online (bertambah-berkurang secara otomatis). Campoeng Cmoneng telah merevisi mencopot lebih dari 10 widget, sebagian disembunyikan sebagian lagi dibuang nian.

2   Konten, terutama file gambar berukuran besar yang membuat berat. Meskipun tak dapat menghindar dari masalah ini, Campoeng Cmoneng merevisi dengan cara memecah 1 konten menjadi beberapa konten. Solusi lain diantaranya dengan menggunakan spoiler untuk posting yang  banyak menampilkan gambar. Hal ini baru sebagian yang telah dilakukan revisi, terutama yang banyak diakses menurut data statistic.

Saat sekarang ini jangankan dengan peralatan yang jadul, menggunakan peralatan yang canggih aja Campoeng Cmoneng terasa berat loading-nya saat diakses.

Dari beberapa analisa inilah yang akan diupayakan agar blog ini mudah diakses ( kalo berhasil…., kalo gak ya wallahu alam…. hhe)

Blog ini juga telah di review oleh Edyn Laskar dari Tecnology IsInformatika Blog
Saya mengucapkan terima kasih banget dengan upaya review ini, akan menjadi masukan yang sangat berharga guna perkembangan Campoeng Cmoneng kedepan.  Sekali lagi terima kasih mas, semoga menjadi amal baik sampeyan dan yang kuasa membalas dengan mengabulkan apa yang menjadi cita-citamu ( amiiiiin ). SALAM

Berikut hasil review-nya

Review Blog Campoeng Cmoneng. Seperti janji saya sebelumnya bahwa saya akan mereview blog Campoeng Cmoneng. Blog Campoeng Cmoneng adalah Blog sederhana namun memiliki artikel yang sangat bermanfaat terutama bagi siswa/mahasiswa dan guru serta para netter. Admin blog ini (Pak Harun Ar) sangat ramah kepada semua blogger yang mungunjungi blognya, jika ada yang mengunjungi dan Follow blognya pasti Pak Harun Ar akan Follback juga seperti halnya pada blog sederhana saya ini blog Technology is Informatica dan bloger sahabat yang masih baru yaitu Bandar Bloger.



Saya bukanlah orang hebat yang harus dikategorikan dalam Master SOE, Master Blog ataupun Kungfu Master, saya hanyalah pecinta blogger yang ingin belajar me-review blog seperti pada blognya pak Harun Ar .

Pengertian Review Blog pada dasarnya merupakan tinjauan, pandangan maupun analisa atas sebuah blog oleh seseorang yang bersifat subyektif. Berbeda dengan review menggunakan software atau tools baik online maupun offline, yang dapat bersifat obyektif (apa adanya) karena di dalamnya terdapat sebuah rancangan program untuk menganalisa.

Marih kita mulai me-refiew :

Kunjungi Blog Campoeng Cmoneng. Blog ini sudah keliatan mulai berat saat diakses mungkin itu dipengaruhi oleh banyaknya gambar-gambar pada setiap postingan, andaikan pak Harun Ar menggunakan Spoiler disetiap gambar itu akan sedikit membantu meringankan.

Selain gambar-gambar, widget-widget juga membuatnya agak berat, seperti Recent post dan Entri Popular. Kedua widget ini memang penting dan mempermudah pengunjung mengaksesnya, tapi widget ini juga membuat loading agak lama. Sebaiknya di kedua widget ini diselipkan spoiler juga. Kenapa saya menyarankan menggunakan spoiler, karena itu akan membuat blog selain ringan juga membuat penampilan blog sedikit ramping misalnya dengan menyusun tiga widget pada sidebar kiri yaitu Entri Popular, Recent Post dan Recent Comment.





Kemudian sisanya tinggal Pak Harun Ar sesuaikan gimana enaknya menurut bapak.
Demikian sedikit review dari saya semoga bisa membantu meringankan blog Campoeng Cmoneng.

Kode spoiler bisah diambil dibawah.
cara membuat spoiler dengan scroll


ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas