"Belajar IPS Lewat Internet"

BSE - Buku Sekolah Elektronik SD, SMP, SMA, SMK Di situs Kemendiknas http://bse. kemdiknas. go.id/

Saat ini harga buku pelajaran masih dirasa semakin membubung tinggi, terutama buku-buku pelajaran yang digunakan pada jenjang sekolah SD, SMP, SMA, SMK yang diluncurkan oleh banyak penerbit. barangkali karena terbuat dari bahan - kertas yang bagus sehingga tampil menarik agar menarik perhatian siswa.

Selain itu sebahagian besar sekolah membuat kebijakan setiap siswa harus memiliki buku pegangan (dapat dibeli melalui koperasi sekolah), dan anehnya buku-buku tersebut tidak dapat dipergunakan lagi pada tahun pelajaran berikutnya. padahal buku-buku tersebut masih dalam keadaan bagus/layak pakai.

Semestinya buku-buku tersebut dapat meringankan adik-adik kelasnya, untuk dapat meminjam, atau membeli buku-buku bekas (second). Mengenai hal ini sekolah selalu memberi berbagai alasan diantaranya:

1.    di toko buku stoknya habis,
2.    tidak dicetak lagi oleh penerbitnya,
3.    harus pesan dulu - memakan waktu lama,
4.    sales pemasarannya tidak jual buku itu lagi,
5.    atau karena bonus yang didapat dari buku lain lebih tinggi.

Akan tetapi lepas dari semua itu, karena masih mahal harganya, sangat dirasakan oleh masyarakat, dan membawa kesan bahwa biaya pendidikan kita masih mahal.

Salah satu alternative untuk mengatasi masalah ini adalah hadirnya Buku Sekolah Elektronik (bse) yang diluncurkan oleh Kemendiknas sejak tahun 2008 dengan jumlah yang sangat banyak, hingga sekarang masih bertambah terus. (tercatat + 1331 judul untuk jenjang sekolah SD, SMP, SMA, SMK pada situs http://bse.kemdiknas.go.id/ )

Namun masih ada kendala para siswa untuk mendapatkan buku-buku tersebut, karena tidak diketemukan di toko-toko buku terdekat. Mengapa demikian ?? Wah, saya merasa tidak berkewajiban untuk menjawab pertanyaan ini.

Keunggulan buku-buku bse (Buku Sekolah Elektronik) antara lain:

1.    Sangat membantu guru membuat ringkasan, soal ulangan dsb
2.    Memudahkan siswa untuk menysun ringkasan, dan tugas-tugas lain
3.    Mudah dibawa kemana saja karena berbentuk file
4.    Dapat di download secara full pada situs internet
5.    Dapat  di print out kapan saja sesuai kebutuhan

Mencermati kondisi seperti di atas kiranya para orangtua / wali murid dapat membantu memfasilitasi putra-putrinya seperti Laptop, dan perangkat lainnya dalam penggunaan buku-buku dimaksud. Dan terutama melalui pengurus Komite Sekolah berkenan mendesak / menganjurkan sekolah untuk menggunakan buku-buku bse (Buku Sekolah Elektronik) dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sehari-hari.

Download BSE - Buku Sekolah Elektronik, kunjungi situs Kemendiknas http://bse.kemdiknas.go.id/ 

Panduan Cara Download BSE - Buku Sekolah Elektronik - KLIK DI SINI





ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas