"Belajar IPS Lewat Internet"

Logo PGRI - Persatuan Guru Republik Indonesia

Kita sering menemukan beberapa desain Lambag/Logo PGRI berbeda seperti yang tampil di bawah ini, namun perbedaan tersebut tidak mengubah prinsip dasar dari arti/makna lambing/logo dan hal-hal yang berkaitan dengan organisasi PGRI.

Lambang/Logo hitam putih biasanya dipakai pada kop surat yang kebetulan di print out hitam putih sedangkan pada Lambang/Logo berwarna terdapat perbedaan kadar kepekatan warna. Hal ini juga lazim terlihat pada Lambang/Logo, Bendera dari kalangan lain.



ARTI LAMBANG PGRI
Sumber:http://www.pgri.or.id/2012-06-23-06-32-27/arti-lambang.html

Bentuk:
Cakra/Lingkaran melambangkan cita-cita luhur dan daya upaya menunaikan pengabdian terus-menerus.

Ukuran, corak, dan warna:
Bidang : bagian pinggir Lingkaran berwarna merah melambangkan pengabdian yang dilandasi kemurnian dan kebernian bagi kepentingan rakyar. Warna putih dengan tulisan "Persatuan Guru Republik Indonesia" melambangkan pengabdian yang dilandasi kesucian dan kasih sayang. Panduan warna pinggir merah-putih melambangkan pengabdian kepada negara, bangsa dan tanah air Indonesia.

Suluh berdiri tegak bercorak 4 garis tegak dan datar berwarna kuning melambangkan fungsi guru (pada pendidikan pra-sekolah, dasar, menengah dan perguruan tinggi) dengan hakikat tugas pengabdian guru sebagai pendidik yang besar dan luhur.

Nyala Api dengan 5 sinar warna merah  melambangkan arti ideologo Pancasila dan arti teknis yaknisasaran budi pekerti, cipta, rasa, karsa dan karya generasi.

Empat buku mengapit suluh
dengan posisi 2 datar dan 2 tegak (simetris) dengan warna corak putih melambangkan sumber ilmu yang menyangkut nilai-nilai moral, pengetahuan, keterampilan dan ahlak bagi tingkatan lembaga-lembaga pendidikan pra-sekolah, dasar, menengah dan tingi.

Warna dasar tengah hijau,
melambangkan kemakmuran generasi.


ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas