"Belajar IPS Lewat Internet"

Taman Gantung Babilonia


Dari Wikipedia Indonesia
Gambar dari beberapa situs di internet

Taman Gantung Babilonia (dikenal pula sebagai Taman Tergantung Semiramis) dan tembok-tembok Babylon adalah salah satu di antara Tujuh Keajaiban Dunia Kuno yang terletak di Al-Hillah, 50 kilometer selatan Baghdad, Irak di sebelah tebing timur Sungai Euphrates.

Luas Taman Gantung Babilonia diperkirakan 4 acre (1 acre = 4046.86 m²). Wujud arsitekuralnya sangat unik, karena bertingkat-tingkat. Taman ini ditanami berbagai pepohonan indah dan dilengkapi sistem pengairan hingga ketinggian 100 meter di atas permukaan tanah. Dari puncak taman ini dapat disaksikan pemandangan di sekeliling Kerajaan Babylonia.

Taman ini dibangun oleh Nebukadnezar II, (605-562 SM) cucu Raja Hammurabi yang terkenal, sekitar tahun 600 SM sebagai hadiah untuk istrinya yang bernama Amyitis. Amytis merindukan pohon-pohon dan tanaman wanginya di Persia. Taman ini diperkirakan hancur sekitar 2 abad sebelum masehi. Kemudian Taman gantung ini di dokumentasikan oleh sejarawan Yunani seperti Strabo dan Diodorus Circulus.

Taman gantung merupakan wujud arsitektur pertamanan khas Mesopotamia, yang telah dikenal rakyat Mesopotamia sejak masa pemerintahan Raja Hammurabi di Kerajaan Babylon lama (1792-1750 SM).  

Lihat Photo:



1.        Kolosus di Rodos
2.        Kuil Artemis
3.        Mausoleum Mausolus di Turky
4.        Mercusuar Iskandariyah
5.        Patung Zeus di Olympia
6.        Piramida Agung Giza
7.        Taman Gantung Babilonia

1.        Akropolis Athena
2.        Angkor Wat di Kamboja
3.        Chichén Itzá Di Mexico
4.        Hagia Sophia di Turkey
5.        Istana Alhambra di Spanyol
8.        Koloseum di Italia
9.        Kuil Kiyomizudera di Jepang
15.     Petra di Yordania
16.     Taj Mahal Di India


ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas