"Belajar IPS Lewat Internet"

Lingkungan Hidup dan Pelestariannya

Linggkungan hidup adalah istilah yang dapat mencakup segala makhluk hidup dan makhluk tak hidup di alam yang ada di Bumi. Semua itu bagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan.

Menurut Undang Undang No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Lingkungan hidup tersusun dari berbagai unsur yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu unsur biotik, abiotik, dan sosial budaya.

Arti  penting lingkungan bagi kehidupan adalah lingkungan bersifat mendukung atau menyokong kehidupan makhluk hidup, akan tetapi makhluk hidup  yang bersangkutan harus dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungannya.

Kerusakan lingkungan hidup berdasarkan penyebabnya, dapat dibedakan menjadi dua macam, kerusakan karena proses alam dan kerusakan karena aktivitas manusia.

1.    Kerusakan lingkungan  akibat proses alam meliputi peristiwa gunung meletus, gempa bumi, banjir, tanah longsor, badai, dan kemarau panjang.

2.    Kerusakan lingkungan  karena aktivitas manusia berupa pencemaran lingkungan (polusi udara, polusi tanah, polusi air dan polusi  suara) serta degradasi lahan (lahan kritis,  kerusakan ekosistem laut, dan kerusakan hutan).

Usaha-usaha pelestarian lingkungan  hidup  merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan masyarakat.

Tujuan dan Sasaran Pembangunan  Nasional adalah membangun manusia Indonesia seutuhnya yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Hakikat  pembangunan berkelanjutan (sustainable  development) adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan pada saat sekarang tanpa mengorbankan kemampuan pemenuhan generasi yang akan datang.

Pembangunan berwawasan lingkungan  secara umum dicirikan  dengan pembangunan yang dapat mengoptimalkan potensi dan peluang yang ada serta dapat meminimalisasi ancaman serta dampak yang ditimbulkan.

Beberapa hal yang berkaitan dengan Lingkungan Hidup dan Pelestarian- nya dibahas dalam materi di bawah sebagai berikut:


Sumber
IPS untuk SMP/MTs Kelas VIII
Penulis  :    Sanusi Fattah Amin Hidayat Juli Waskito Moh. Taukit Setyawan

ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas