"Belajar IPS Lewat Internet"

Soal Sosiologi SMA Kelas XII IPS Semester Genap

Soal UAS Semester Genap
SOSIOLOGI 3 untuk SMA/MA KELAS XII IPS
EVALUASI SEMESTER 2


Dapat diakses dalam bentuk doc. (MS Word)
Lihat        Download



I.     Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dari soal-soal di bawah ini, dan kerjakan di buku latihan Anda .

1.    Penelitian merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengisi kekurangan, mengembangkan, dan menggali hal-hal yang telah ada, serta mengujinya kembali. Pengertian tersebut diungkapkan oleh ... .
a. Donald Ary
b. Selo Soemardjan
c. Sutrisno Hadi
d. Marzuki
e. Woody

2.    Di bawah ini yang bukan merupakan objek kajian penelitian social adalah ... .
a. karakteristik masyarakat pedalaman
b. lingkungan alam
c. kebudayaan manusia
d. perilaku konsumsi
e. kegiatan distribusi

3.    Dalam ilmu pengetahuan, segala sesuatu itu harus ditemukan makna di balik fakta. Pandangan tersebut merupakan pendapat dari aliran ... .
a. Pra-Positivistik
b. Positivistik
c. Neo-Positivistik.
d. Pasca-Positivistik
e. Non-Positivistik

4.    Menurut aliran Positivistik, hakikat gejala-gejala dalam kehidupan manusia ini adalah bahwa ... .
a. suatu fakta tidak boleh melebihi kenyataan
b. makna adalah tujuan utama pengkajian pengetahuan
c. peristiwa sebagai fokus utama
d. gejala-gejala harus dapat ditafsirkan dan diinterpretasikan
e. gejala-gejala sosial bersifat kodrati

5.    Penelitian merupakan kegiatan ilmiah sistemis dan sistematis. Dalam pengkajiannya, penelitian memiliki karakteristik ... .
a. memiliki objek tertentu dalam pengkajiannya
b. selalu menghasilkan teori baru
c. harus menggunakan satu pendekatan saja
d. menghasilkan kesimpulan subjektif
e. selalu berangkat dari kenyataan atau fakta sosial yang telah ada

6.    Penelitian merupakan kegiatan ilmiah dan sistematis yang ditujukan untuk membantu memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ... .
a. penelitian kualitatif
b. dasar
c. penelitian kuantitatif
d. penelitian historis
e. penelitian terapan

7.    Langkah-langkah dasar penelitian meliputi: merumuskan hipotesis; merumuskan logika deduktif; mengumpulkan dan menganalisis data; dan menguji hipotesis dengan kesimpulan menerima atau menolaknya.
       Pendapat tersebut dikemukakan oleh ... .
a. Sutrisno Hadi
b. Kenneth D. Bailey
c. Suharsimi Arikunto
d. Selo Soemarjan
e. Donald Ary

8.    Di bawah ini yang merupakan langkah awal dalam kegiatan penelitian menurut Louis Gottschalk adalah ... .
a. pengumpulan objek
b. memilih masalah penelitian
c. usaha pemecahan masalah terhadap masalah yang dipilih
d. merubah sistem setelah dilakukan penelitian
e. mengajukan hipotesis

9.    Suatu penelitian dilakukan terhadap sistem sosial masa sebelum reformasi, merupakan jenis penelitian ... .
a. historis
b. kualitatif
c. kuantitatif
d. ex post facto
e. holistic

10. Suatu penelitian yang dilakukan bukan semata-mata hanya untuk menemukan fakta belaka, melainkan menekankan pada makna di balik fakta, merupakan jenis penelitian ... .
a. historis
b. kualitatif
c. holistik
d. kuantitatif
e. survei

11. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam karakteristik penelitian kualitatif adalah ... .
a. bersifat naturalistik
b. fokus pada permasalahan masa lalu
c. instrumennya dalam peneliti
d. penelitian bersifat lentur
e. makna sebagai perhatian utama

12. Dalam penelitian kuantitatif, statistik berguna untuk ... .
a. menentukan sampel
b. melakukan pembahasan hasil penelitian
c. menguji reliabilitas instrumen
d. mengkode data-data
e. merumuskan hipotesis

13. Dalam penelitian kuantitatif, penggunaan statistik untuk menganalisis data interval atau rasio, yang diambil dari populasi yang berdistribusi normal adalah ... .
a. statistik induktif
b. statistik non-parametrik
c. statistik inferensial
d. statistik deskriptif
e. statistik parametrik

14. Data interval adalah jenis data yang memiliki karakteristik ... .
a.    memiliki jarak yang sama, tetapi tidak mempunyai nilai nol absolut
b.    data yang berjenjang
c.    data yang memiliki karakteristik sama satu dengan lainnya
d.    data yang memiliki nilai nol
e.    data yang tidak memiliki nilai

15. Di bawah ini yang merupakan karakteristik data rasio adalah ... .
a.    data yang memiliki jarak yang sama dan memiliki nilai nol absolut
b.    data yang berdiri sendiri
c.    memiliki jarak yang sama, tetapi tidak mempunyai nilai nol absolut
d.    data yang bertingkat
e.    data yang berdistribusi normal

16. Dalam penelitian kualitatif, sesuai dengan jenis penelitian dan “tingkat eksplanasinya” terdapat tiga bentuk hipotesis, yaitu ... .
a. hipotesis deskriptif, hipotesis komparatif, dan hipotesis asosiatif
b. hipotesis nol dan hipotesis satu
c. hipotesis umum dan hipotesis khusus
d. hipotesis eksplanatif, deduktif, dan induktif
e. hipotesis bertingkat dan prosedural

17. Untuk menguji korelasi Produk Momen dan Korelasi Ganda atau Regresi, digunakan uji hipotesis ... .
a. hipotesis nol
b. hipotesis eksplanatif
c. hipotesis asosiatif.
d. hipotesis komparatif
e. hipotesis deskriptif

18. Penelitian eksperimen memiliki karakteristik yang khusus, yaitu ... .
a. naturalistik
b. deskriptif
c. eksplanatif
d. ada treatment
e. ada naratif

19. Dalam penelitian eksperimen berupa tindakan kelas, dilakukan perencanaan umum yang meliputi ... .
a.    penentuan lokasi, instrumen, dan alat pengukuran
b.    penentuan tindakan umum, instrumen penelitian, dan pengukuran keberhasilan
c.    penentuan objek, metode, dan jenis analisis
d.    penentuan populasi, sampel, dan alat ukur
e.    penentuan tindakan, metode, dan alat ukur

20. Penelitian dengan jenis kuantitatif tetapi variabel bebas atau pengaruhnya terjadi lebih dulu baru kemudian variabel terikatnya disebut ... .
a. penelitian kualitatif
b. penelitian ex post facto
c. penelitian ekprerimen
d. penelitian historis
e. penelitian kuantitatif

21. Purposive sampling dalam penelitian kualitatif dimaksudkan untuk ... .
a. keterwakilan populasi
b. keterwakilan informasi
c. pengujian sampel
d. pengambilan sampel secara acak
e. pengambilan sampel secara sederhana

22. Melakukan validitas data dalam penelitian kualitatif dengan mengembalikan deskripsi hasil wawancara kepada informan, merupakan teknik ... .
a. informan review
b. triangulasi
c. koreksi antar-sumber
d. kritik ekstern
e. kritik intern

23. Dalam penelitian kuantitatif, kegunaan diajukannya hipotesis adalah ... .
a. untuk memberikan jawaban sementara sebelum dilakukan pengujian
b. untuk mengarahkan hasil penelitian
c. untuk melengkapi sistematika penelitian
d. mempermudah proses interpretasi data penelitian
e. mengembangkan kerangka pikir baru

24. Sebuah rencana umum penelitian yang memuat metodologi dan prosedur penelitian adalah ... .
a. desain penelitian
b. rencana penelitian
c. pokok-pokok penelitian
d. sistematika penelitian
e. garis besar isi penelitian

25. Latar belakang masalah menggambarkan gejala-gejala yang memunculkan masalah yang isinya adalah sebagai berikut, kecuali ... .
a.    menguraikan situasi dan kondisi yang menarik perhatian peneliti dan pembaca pada umumnya
b.    mengemukakan hal-hal yang ingin diketahui dan alasan mengapa peneliti tertarik dengan topik itu
c.    mengemukakan mengapa hal itu perlu diteliti
d.    memberikan gambaran apa yang diharapkan sebagai hasil penelitian
e.    menyusun sistematika permasalahan penelitian

26. Dalam membuat desain atau rancangan penelitian, tujuan penelitian perlu dicantumkan untuk ... .
a.    merumuskan apa-apa yang hendak dicapai dalam penelitian
b.    mengidentifikasi manfaat hasil penelitian
c.    untuk mengarahkan penelitian
d.    menemukan makna penelitian
e.    merumuskan kerangka pikir untuk perbaikan suatu masalah yang akan dipecahkan

27. Fungsi pengkajian pustaka atau teori dalam penelitian kualitatif adalah ... .
a. mengarahkan penelitian
b. menguji hipotesis
c. menemukan paradigma baru
d. menyusun teori baru
e. menelaah teori-teori yang akan dijadikan pedoman

28. Teknik pengumpulan data dimana peneliti hadir dalam peristiwa yang menjadi fokus penelitian adalah ... .
a. korespondensi
b. observasi
c. analisis
d. supervisi
e. survei

29. Menyederhanakan data yang ditemukan di lapangan, merupakan kegiatan ... .
a. mereduksi data
b. mendisplay data
c. analisis data
d. verifikasi
e. kritik internal

30. Suatu objek penelitian yang dimaksudkan untuk mewakili populasi disebut ... .
a. instrumen
b. desain
c. sampel.
d. induksi
e. deduksi

31. Pokok permasalahan yang akan diteliti atau dikaji sebagai objek penelitian disebut ... .
a. judul penelitian
b. topik penelitian.
c. sampel penelitian
d. masalah penelitian
e. tema penelitian

32. Kegiatan memerinci permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam latar belakang masalah penelitian adalah ... .
a. batasan masalah
b. identifikasi masalah
c. perumusan masalah
d. desain penelitian
e. ruang lingkup penelitian

33. Faktor-faktor yang mendorong seseorang melakukan penelitian terhadap suatu objek adalah karena hal-hal sebagai berikut, kecuali ... .
a. adanya kepentingan terhadap objek
b. keingintahuan peneliti terhadap suatu objek.
c. adanya dorongan materiil
d. untuk kepentingan studi
e. tugas lembaga

34. Topik penelitian yang baik dapat mengikuti prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali ... .
a.    harus sesuai dengan tujuan penelitian yang akan dicapai
b.    permasalahan yang dipilih sebaiknya masalah-masalah yang aktual, sehingga menarik minat peneliti maupun orang yang membacanya
c.    topik sebaiknya tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat atau negara
d.    menghindari memilih topik yang mengandung emosi, prasangka, atau unsur-unsur yang tidak ilmiah
e.    sesuai dengan keinginan peneliti karena sumber datanya mudah ditemukan.

35. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah penelitian adalah, kecuali ... .
a. sesuai dengan kemampuan peneliti
b. mempunyai nilai penelitian
c. masalah yang akan diteliti dan dipecahkan akan bermanfaat
d. dapat dipecahkan atau dicari jawabannya
e. masalah memiliki tingkat kesulitan tinggi

36. Dalam merumuskan masalah, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah ... .
a. jelas, padat, dan tidak mempunyai penafsiran ganda
b. harus selalu dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya
c. mewakili seluruh masalah dalam penelitian
d. bebas nilai dan berfokus pada makna
e. selalu bernuansa ilmiah

37. Setelah membuat rancangan atau proposal penelitian, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh seorang peneliti adalah ... .
a. penyusunan hipotesis
b. pengumpulan data
c. pengolahan data
d. pembuatan kuesioner
e. reduksi data

38. Dalam merumuskan hipotesis, ada hal yang perlu diperhatikan oleh peneliti, yaitu ... .
a. hipotesis tidak harus berkaitan dengan teori tertentu
b. hipotesis harus selalu didasarkan literatur atau buku-buku ilmu
pengetahuan
c. hipotesis harus dapat diuji dengan data-data empiris
d. hipotesis harus berdasar pada pikiran peneliti
e. hipotesis harus terbukti secara empirik

39. Hipotesis alternatif yaitu hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara variabel X dan Y, atau adanya perbedaan antara dua kelompok tertentu, disebut juga dengan ... .
a. hipotesis kerja
b. hipotesis nol
c. hipotesis induktif
d. hipotesis deduktif
e. hipotesis asosiatif

40. Hipotesis yang menyatakan tidak adanya perbedaan antara dua variable disebut ... .
a. hipotesis nol
b. hipotesis kerja
c. hipotesis asosiatif
d. hipotesis induktif
e. hipotesis eksplanatif

41. Berikut ini merupakan strategi dalam pemilihan sampel adalah sebaga berikut, kecuali ... .
a. menentukan karakteristik populasi
b. menentukan teknik pemilihan sampel
c. menentukan besar sampel
d. memilih sampel
e. menguji terlebih dahulu sampel

42. Dalam pengambilan sampel penelitian dimana setiap objek mempunyai kemungkinan yang sama untuk dijadikan sampel. Teknik ini disebut juga dengan ... .
a. random sampling
b. cluster sampling
c. internal sampling
d. snowbolling sampling
e. purposive sampling

43. Sampel yang dipakai untuk populasi yang cukup besar sehingga dibuat terlebih dahulu kelompok-kelompok rumpun yang kemudian diambil sampel dari masing-masing rumpun, disebut ... .
a. random sampling
b. cluster sampling
c. internal sampling
d. snowbolling sampling
e. purposive sampling

44. Sampel yang dipakai apabila wilayah penelitian cukup luas. Sehingga setiap
bagian wilayah harus ada yang mewakili, disebut ... .
a. area sampling
b. purposive sampling
c. internal sampling
d. cluster sampling
e. random sampling

45. Dalam rancangan penelitian harus sudah dijelaskan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan rencana pengumpulan data. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut, kecuali ... .
a. data seperti apa yang harus dikumpulkan
b. dimana data dapat ditemukan
c. siapa yang dapat membantu dalam pengumpulan data
d. teknik pengumpulan apa yang diperlukan
e. berapa besar biaya yang diperlukan

46. Suatu pendekatan yang berusaha untuk mengungkap kenyataan social dengan melihat saling ketergantungan antara variabel satu dengan variable lainnya, adalah jenis pendekatan ... .
a. kualitatif
b. kuantitatif
c. survei
d. partisipatif
e. eksperimen

47. Istilah heuristik dalam penelitian sejarah pada hakikatnya sama dengan istilah dalam penelitian kualitatif, yaitu ... .
a. penentuan topik
b. pengumpulan data
c. interpretasi atau penafsiran
d. penyusunan laporan
e. menyederhanakan data

48. Suatu sumber atau data yang diperoleh peneliti dari dokumen-dokumen resmi instansi pemerintah adalah ... .
a. data kualitatif
b. data kuantitatif
c. data primer
d. data sekunder
e. data statistik

49. Suatu data yang diperoleh seorang peneliti secara tidak langsung melalui orang kedua disebut ... .
a. data primer
b. data sekunder
c. data kualitatif
d. data kuantitatif
e. data temuan

50. Berikut ini yang merupakan data primer yang dapat dipergunakan untuk kegiatan penelitian adalah ... .
a. sumber lisan dari pelaku peristiwa
b. buku-buku teks
c. internet
d. surat kabar
e. kamus umum

51. Proses pengumpulan data melalui pengkajian terhadap teks-teks, merupakan teknik ... .
a. analisis isi
b. observasi
c. studi pustaka
d. korespondensi
e. telaah informasi

52. Metode pengumpulan data dimana peneliti secara langsung mengamati berbagai gejala-gejala sosial di lapangan disebut ... .
a. partisipasi
b. non-partisipasi
c. observasi
d. survei
e. korespondensi

53. Sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dari responden dinamakan ... .
a. evaluasi
b. tes
c. kuesioner.
d. pedoman penelitian
e. daftar penentu informasi

54. Berikut ini yang merupakan data dokumenter verbal adalah ... .
a. internet
b. kaset dan video
c. data hidup
d. benda-benda
e. catatan lapangan

55. Pengumpulan data melalui wawancara supaya berhasil dan berkualitas, maka pewawancara harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut, kecuali ... .
a.    mampu menciptakan hubungan baik dengan responden
b.    mencatat semua pertanyaan yang akan diajukan kepada responden
c.    menyampaikan pertanyaan dengan baik, tepat, dan terorganisir
d.    menyusun pedoman wawancara
e.    mendikte informan agar data diperoleh secara akurat

56. Salah satu keuntungan menerapkan metode wawancara adalah ... .
a. pertanyaan dapat dikendalikan oleh koresponden
b. koresponden dapat bertemu langsung dengan responden
c. dapat memilih responden yang diperlukan selanjutnya
d. data ditemukan secara utuh
e. menjalin komunikasi dengan orang lain

57. Dalam suatu proses observasi, peneliti ikut terlibat dalam proses pendidikan. Kegiatan ini dinamakan observasi ... .
a. langsung
b. tidak langsung
c. partisipasi aktif
d. partisipasi pasif
e. non-partisipasi

58. Kegiatan memberi label atau identitas data penelitian yang ditemukan di lapangan disebut ... .
a. coding
b. editing
c. display
d. tabulasi
e. reduksi

59. Bilangan hasil bagi dari jumlah seluruh nilai dengan jumlah unit yang diamati disebut ... .
a. modus
b. median
c. mean
d. tabulasi
e. frekuensi

60. Fungsi moderator dalam dalam seminar hasil penelitian adalah ... .
a. memimpin jalannya seminar
b. melaporkan hasil penelitian
c. menanggapi masukan-masukan dalam seminar
d. membuka diskusi
e. mencatat proses jalannya seminar

61. Lembaga sosial yang mengatur jalanya kekuasaan adalah adalah... .
a. lembaga politik
b. lembaga ekonomi
c. lembaga pemerintah
d. lembaga sosial
e. lembaga keluarga

62. Penelitian sosial yang dilaksanakan dengan menyebar kuesioner adalah ...
a. penelitian kualitataif
b. penelitian histori
c. penelitian kuantitatif
d. penelitian eksperimen
e. penelitian evaluasi

63. Perubahan sosial yang cepat disebut ... .
a. revolusi
b. evolusi
c. reformasi
d. demonstrasi
e. urbanisasi

64. Individu yang menjadi pelopor perubahan disebut sebagai ... .
a. provokator
b. presiden
c. tokoh perubahan
d. tokoh politik
e. agent of change

65. Dampak dari perubahan sosial dari berdirinya mall di kota adalah ... .
a. kemiskinan
b. masyarakat hedonisme
c. sikap masyarakat yang komsumtif
d. hilangnya pasar tradisional
e. kenakalan remaja


II.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar .
1.    Sebutkan dan jelaskan sistematika rancangan penelitian .
2.    Apakah yang Anda ketahui tentang penelitian eksperimen, bandingkan dengan penelitian ex post facto .
3.    Apakah yang Anda ketahui tentang statistik, dan bagaimana fungsi dan kedudukannya dalam penelitian.
4.    Bagaimanakah proses validitas data dalam penelitian kualitatif.
5.    Sebutkan dan jelaskan prosedur wawancara yang sistemis dan sistematis untuk proses pengumpulan data .
6.    Bagaimanakah langkah-langkah teknik analisis menurut Huberman. Jelaskan masing-masing langkah tersebut .
7.    Apakah yang Anda ketahui tentang kajian pustaka atau teori, dan bagaimana kegunaannya dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif.
8.    Temukanlah mean, median, dan modus, dari data hasil ulangan Sosiologi kelas XII berikut ini .
       6 – 7 – 7 -7 – 6 – 6 – 8 – 9 – 8 – 8 – 7 – 8 – 6 – 9 –8 – 7 – 6 – 5 – 4 – 8
9.    Sebutkan dan jelaskan persiapan-persiapan yang diperlukan untuk melaksanakan seminar hasil penelitian .
10. Sebutkan dan jelaskan manfaat laporan hasil penelitian .

ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas