Mulai Tahun Pelajaran
2014-2015 seluruh sekolah di semua jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK
direncanakan sudah harus menggunakan pembelajaran dengan Kurikulum 2013,
(walaupun belum semua kelas), sehingga perangkat mengajar, materi pembelajaran
dan sarana/media pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum 2013.
Terutama tentang perangkat
pembelajaran, dibawah ini ada link download Silabus kurikulum 2013. yang kami
peroleh dari beberapa sumber di internet, dapat di-unduh dengan mengklik link
di bawah ini.
Contoh RPP Kurikulum 2013
.
C O N T O H RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ----------------------------------
Kelas : IV (empat)
Semester : 1 (satu)
Tema : Indahnya kebersamaan
I.
Kompetensi Inti
Indahnya
kebersamaan
II.
Kompetensi Dasar
2.1. PPKn
Menghargai
kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa (pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
2.2. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang
dianutnya) di sekolah dan di rumah.
2.3. Matematika
Menaksir
jumlah uang untuk berbelanja atau jumlah dan jenis benda yang diperlukan untuk
suatu kegiatan amal sehingga sesuai kebutuhan
(k2)
2.4. Seni Budaya dan Prakarya
Mengagumi
ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai
anugrah tuhan (KI 1)
2.5. PENJASORKES
Menghargai
tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
III.
Indikator
3.1. PPKn
3.1.1.
Memberikan contoh keberagaman di
lingkungannya dengan rasa percaya diri
3.1.2.
Mengagumi keragaman suku, etnis,
dan bahasa sebagai keunggulan di wilayah negara Indonesia
3.2.
Bahasa Indonesia
3.2.1.
Bersikap tertib (menjaga keheningan) dalam
mendengarkan doa
3.2.2.
Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan
berdiam diri
3.2.3.
Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
3.2.4.
Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi
yang sesuai
3.2.5.
Menyapa dengan kata atau kalimat sapaan yang
sesuai
3.2.6.
Menyapa dan mengucapkan selamat dengat
kalimat yang sesuai
3.2.7.
Menyapa dan menyampaikan ucapan terima kasih
dengan kalimat yang sesuai
3.2.8.
Menyapa dan menyampaikn permohonan maaf
dengan kalimat yang sesuai
3.3. Matematika
3.3.1. Menyebutkan besarnya uang saku yang diterima stiap hari atau minggu
3.3.2. Menyebutkan sumber perolehan uang saku
3.3.3. Menghitung besarnya penggunaan uang saku untuk konsumsi, uang tabungan, dan
sosial
3.3.4. Membandingkan nilai uang yang berbeda
3.3.5. Menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan uang
3.3.6. Menentukan hasil operasi hitung melalui transaksi jual beli yang melibatkan
uang
3.4. Seni Budaya dan Prakarya
3.4.1.
Menjelaskan keunikan karya seni dan karya kreatif berbagai daerah
3.4.2.
Memuji karya seni dan karya kreatif teman
3.4.3.
Merawat karya seni dan karya kreatif yang ada di sekolah
3.4.4.
Menunjukkan kebanggaan terhadap karya sendiri
3.5. PENJASORKES
3.5.1.
Melakukan aktivitas fisik secara teratur
3.5.2.
Menerapkan perilaku hidup sehat di sekolah
3.5.3.
Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan
3.5.4.
Memperagakan kombinasi gerak dasar lari
IV. Tujuan Pembelajaran
4.1. PPKn
4.1.1.
Dapat memberikan contoh keragaman
agama, bahasa, budaya dan suku yang ada di lingkungannya
4.2. Bahasa Indonesia
4.2.1.
Dapat bersikap tertib dalam
mendengarkan do’a
4.2.2.
Dapat melafalkan kata-kata teks
do’a dengan jelas
4.2.3.
Dapat menyapa dengan kata atau
kalimat sapaan yang sesuai (mengucapkan selamat, ucapan terima kasih dan
permohonan maaf)
4.3. Matematika
4.3.1.
Dapat menyebutkan jumlah besarnya
uang untuk berbelanja uang untuk berbelanja benda yang diperlukan
4.3.2.
Dapat menyelesaikan operasi
hitung yang melibatkan uang
4.4. Seni Budaya dan Prakarya
4.4.1.
Dapat menjelaskan keunikan karya
seni dan karya kreatif berbagai daerah
4.4.2.
Dapat merawat karya seni dan
karya kreatif yang ada di sekolah
4.5. Penjas orkes
4.5.1.
Dapat melakukan aktifitas fisik
secara teratur
4.5.2.
Menerapkan perilaku hidup sehat
di sekolah
V. Metode Pembelajaran
5.1.
PPKn
5.1.1.
Menghargai kebhinekatunggalikaan
dan keragaman agama, bahasa, budaya dan suku yang ada di lingkungannya
5.2. Bahasa Indonesia
5.2.1.
Mendengarkan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik sesuai dengan agama yang dianut
5.2.2.
Mengucapkan do’a dengan bahasa
yang baik sesuai dengan agama yang anutnya.
5.2.3.
menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, ucapan terima kasih atau permohonan
maaf sesuai dengan konteksnya
5.3. Matematika
5.3.1.
Menyelesaikan operasi hitung yang
melibatkan uang
5.4. Seni Budaya dan Prakarya
5.4.1.
Cirri-ciri khas keindahan
karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan.
5.5. Penjas orkes
5.5.1.
Perilaku hidup sehat
5.5.2.
Variasi dan kombinasi gerak dasar
untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari.
VI. Metode Pembelajaran
6.1. PPKn
§ Ceramah
§ Tanya
jawab
§ Demontrasi
§ Penugasan
6.2. Bahasa Indonesia
§ Ceramah
§ Tanya
jawab
§ Diskusi
§ Penugasan
6.3. Matematika
§ Demontrasi
§ Tanya
jawab
§ Diskusi
§ Penugasan
6.4. Seni Budaya dan Prakarya
§ Ceramah
§ Tanya
jawab
§ Penugasan
6.5. Penjas orkes
§ Ceramah
§ Demontrasi
§ Tanya
jawab
§ Penugasan
VII.
Alokasi Waktu
7.1. PPKn
6
x 35 menit
7.2. Bahasa Indonesia
10
x 35 menit
7.3. Matematika
6
x 35 menit
7.4. Seni Budaya dan Prakarya
6
x 35 menit
7.5. Penjas orkes
4
x 35 menit
VIII. Langkah-Langkah
Pembelajaran
& PPKn
A.
Kegiatan Awal
§ Mengkondisikan kelas pada situasi belajar
§ Tanya jawab tentang keragaman beragama, bahasa, budaya dan suku yang ada
dilingkungan
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
§ Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam
pembelajaran
B.
Kegiatan Inti
B.1. Ekplorasi
F Peserta didik mencari informasi tentang keragaman beragam bahasa, budaya
dan suku yang ada dilingkungannya.
F Untuk mengetahui peserta didik, guru memberikan pertanyaan yang berkaitan
dengan keragaman beragam bahasa, budaya dan suku yang ada dilingkungannya.
F Guru memfasilitasi peserta didik untuk memecahkan berbagai masalah dan memberikan
informasi agar bereksplorasi lebih jauh tentang keragaman beragama bahasa,
budaya dan suku yang ada dilingkungannya.
B.2. Elaborasi
F Peserta didik membaca dan menyimak keragaman beragama
F Peserta didik mencatat hal-hal penting tentang materi
F Guru menyebutkan keragaman beragama yang ada dilingkungannya
F Peserta didik memahami arti keragaman beragama
F Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang
materi yang belum jelas
F Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh
F Guru menugaskan seorang peserta didik mempraktekan tentang keragaman
beragama yang ada dilingkungannya
B.3. Konfirmasi
F Guru memberikan kata-kata pujian kepada peserta didik atas keaktifannya
dalam proses pembelajaran
F Dengan bimbingan guru, peserta didik
merefleksikan kegiatan pembelajaran
F Guru memfasilitasi peserta didik memperoleh pengalaman bermakna tentang
keragaman beragama
F Guru memovasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisifasi aktif
C.
Kegiatan penutup
§ Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
§ Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
§ Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
§ Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada
peserta didik
& Bahasa Indonesia
A.
Kegiatan Awal
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
§ Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam
pembelajaran
B.
Kegiatan Inti
B.1. Ekplorasi
F Peserta didik memberi contoh melafalkan do’a
F Untuk mengetahui pengetahuan peserta didik, guru memberikan contoh cara
berdo’a yang baik
F Guru memberi informasi cara mengucapkan selamat, terimakasih atau
permohonan maaf
B.2. Elaborasi
F Peserta didik mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik.
F Peserta didik dapat melafalkan doa.
F Guru memberikan kata-kata pujian kedapa peserta didik atas keaktifannya
dalam proses pembelajaran.
B.3. Konfirmasi
F Guru memberikan kata-kata pujian kepada peserta didik atas keaktifannya
dalam proses pembelajaran
F Dengan bimbingan guru, peserta didik merefleksikan kegiatan pembelajaran
C.
Kegiatan penutup
§ Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
§ Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
§ Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
§ Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada
peserta didik
& Matematika
A.
Kegiatan Awal
§ Mengkondisikan kelas pada situasi belajar
§ Tanya jawab tentang uang
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
§ Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam
pembelajaran
B.
Kegiatan Inti
B.1. Ekplorasi
F Peserta didik dapat menyebutkan jumlah besarnya uang untuk berbelanja
F Guru memberi contoh cara menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan uang
B.2. Elaborasi
F Peserta didik mengamati beberapa contoh nilai uang
F Peserta didik menyebutkan jumlah besarnya uang untuk berbelanja
F Peserta didik memahami cara penggunaan uang
F Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang uang
F Guru membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban menyeluruh
F Peserta didik menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan uang
B.3. Konfirmasi
F Guru memberikan kata-kata pujian kepada peserta didik atas keaktifannya
dalam proses pembelajaran
F Dengan bimbingan guru, peserta didik merefleksikan kegiatan pembelajaran
F Guru memfasilitasi peserta didik memperoleh pengalaman tentang uang
F Guru memotifasi peserta didik yang kurang atau yang belum aktif.
C.
Kegiatan penutup
§ Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
§ Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
§ Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
§ Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada
peserta didik
& Seni Budaya dan Prakaya
A.
Kegiatan Awal
§ Mengkondisikan kelas pada situasi belajar
§ Tanya jawab tentang karya seni dan karya kreatif
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
§ Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam
pembelajaran
B.
Kegiatan Inti
B.1. Ekplorasi
F Peserta didik dapat menjelaskan keunikan karya seni dan karya kreatif
berbagai daerah
F Guru memberi contoh cara membuat karya seni
B.2. Elaborasi
F Peserta didik mengamati beberapa contoh karya seni dan kreatif dari
berbagai daerah
F Guru memberikan contoh cara membuat karya seni
B.3. Konfirmasi
F Guru memberikan kata-kata pujian kepada peserta didik atas keaktifannya
dalam proses pembelajaran
F Guru memotifasi peserta didik yang kurang atau yang belum aktif.
C.
Kegiatan penutup
§ Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
§ Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
§ Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
§ Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada
peserta didik
& Penjasorkes
A.
Kegiatan Awal
§ Mengkondisikan kelas pada situasi belajar
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
B.
Kegiatan Inti
B.1. Ekplorasi
F Peserta didik dapat melakukan aktifitas fisik
F Guru menerapkan perilaku hidup sehat
B.2. Elaborasi
F Peserta didik melakukan aktifitas fisik secara teratur
F Guru menerapkan perilaku hidup sehat di sekolah
B.3. Konfirmasi
F Guru memberikan pujian kepada peserta didik atas keaktifannya dalam proses
pembelajaran
F Guru memotivasi peserta didik yang kurang atau yang belum aktif.
C.
Kegiatan penutup
§ Guru memberikan pengarahan kepada peserta didik cara melakukan aktivitas
fisik
§ Guru memotivasi peserta didik untuk hidup sehat.
§ Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada
peserta didik
IX. Alat dan sumber belajar
& PPkn
Alat
§ Macam-macam
gambar tempat ibadah
§ Macam-macam
gambar rumah adat
§ Macam-macam
gambar baju adat/pakaian adat
§ Macam-macam
gambar senjata adat
Sumber
§ Buku
sumber yang relevan
& Bahasa Indonesia
Alat
§ Buku-buku
do’a yang relevan
§ Macam-macam
slogan kalimat sapa
Sumber
§ Buku
sumber yang relevan
& Matematika
Alat
§ Macam-macam
uang
Sumber
§ Buku
sumber yang relevan
& Seni Budaya dan Prakarya
Alat
§ Menunjukkan
contoh hasil karya seni/karya kreatif berbagai daerah
Sumber
§ Buku
sumber yang relevan
& Penjasorkes
Alat
§ Alat-alat
kebersihan
Sumber
§ Buku
sumber yang relevan
X. Evaluasi/penilaian
& PPkn
Soal
1.
Sebutkan lima agama yang ada di
Indonesia!
2.
Apa nama tempat ibadah agama
Islam?
3.
Sebutkan tiga suku daerah yang
ada di Indonesia!
4.
Sebutkan dua macam kesenian yang
ada di Jawa Barat!
5.
Apa nama bahasa yang umumnya
dipakai di daerahmu!
& Bahasa Indonesia
Soal
1.
Buat kalimat yang sesuai dengan
gambar di samping!
2.
Buatlah kalimat ucapan
terimakasih yang sesuai dengan gambar di samping!
3.
Buat kalimat permohonan maaf yang
sesuai dengan gambar di bawah ini!
& Matematika
Soal
1.
Berapa jumlah nilai uang yang ada
pada gambar!
2.
Berapa jumlah harga barang yang
ada pada gambar!
3.
Tentukan uang kembalian dari soal
berikut!
no
|
Nama barang
|
dibayar
|
Dikembalian
|
1
|
|
1 lembar sepuluh ribu dan satu lembar lima ribu
|
Rp. 3000
|
& Seni Budaya dan Prakarya
Soal
1.
Apa yang dimaksud dengan karya
kerajinan?
2.
Di daerah mana kerajinan bambu
banyak dibuat?
3.
Apa jenis kerajinan yang ada di
daerahmu?
4.
Apa keunikan kerajinan yang ada di
daerahmu? Jelaskan!
5.
Terbuat dari apa kerajinan
gerabah?
& Penjasorkes
1.
Apa yang harus kita lakukan agar
badan kita selalu sehat?
2.
Berikan salah satu contoh
perilaku hidup sehat di sekolah?
3.
Sebutkan kombinasi gerak dasar
lari!
4.
Sebutkan kombinasi gerak dasar jalan!
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas 4.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Sumber
informasi :
http://kkg6.wordpress.com/2013/06/03/silabus.dan.rpp.berkarakter/
http://kkg6.wordpress.com/2013/06/03/silabus.dan.rpp.berkarakter/
ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas