"Belajar IPS Lewat Internet"

PGRI - Persatuan Guru Repubilk Indonesia

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) adalah organisasi guru di Indonesia yang anggotanya berprofesi sebagai Guru danTenaga Kependidikan

Organisasi GURU pertama kali muncul pada tahun 1012 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Pada awalnya organisasi ini sebagai wadah untuk memperjuangkan nasib guru-guru dari kalangan orang pribumi.

Para anggotanya terdiri dari Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Penilik Sekolah, mereka umumnya bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua.

Selanjutnya selain PGHB berkembang pula organisasi guru diantaranya:
1.   Persatuan Guru Bantu (PGB)
2.   Perserikatan Guru Desa (PGD)
3.   Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS)
4.   Perserikatan Normaalschool (PNS)
5.   Hogere Kweekschool Bond (HKSB)
6.   Christelijke Onderwijs Vereneging (COV)
7.   Katolieke Onderwijsbond (KOB)
8.   Vereneging Van Muloleerkrachten (VVM)
9.   Nederlands Indische Onderwijs Genootschap (NIOG)

Pada tahun 1932 nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Kata “Indonesia” saat itu sangat disenangi karena selain memperjuangkan nasib dapat mengobarkan semangat nasional.

Pada zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas.

Di awal kemerdekaan Indonesia, para guru dengan semangat mengobarkan perjuangan dengan memanfaatkan jabatannya sebagai guru.

Pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta diselenggarakan Kongres Guru Indonesia. Melalui kongres ini sepakat tidak lagi menghiraukan perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku, Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berdirilah Organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) - tepat seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan RI.

Sejak Kongres Guru Indonesia itu, semua guru Indonesia menyatakan dirinya bersatu di dalam wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 merupakan sebagai tanda penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional, dan diperingati setiap tahun.

Sifat-sifat PGRI
1.  Unitaristik, tanpa memandang perbedaan ijazah, tempat kerja, kedudukan, agama, suku, golongan, gender, dan asal-usul.
2.  Independen, berlandaskan pada kemandirian dan kemitrasejajaran
3.  Nonpartai Politik, bukan merupakan bagian dan tidak berafiliasi kepada partai politik.

Sumber : wikipedeia indonesia & PGRI pusat
P G R I
Persatuan Guru Republik Indonesia


ARTIKEL TERKAIT
Di bawah ini adalah beberapa materi lanjutan dan sebelumnya yang berkaitan dengan materi di atas